Daripada Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain, Bandingkan Saja Dirimu dengan Kamu yang Kemarin.

''Dia enak banget ya udah bisa beli rumah, lah aku kok gini-gini aja.''

Advertisement

''Dia kok asik banget ya hidupnya, nggak kayak aku.''

Mungkin kamu pernah merasa insecure dengan kehidupan orang lain. Namun jangan sampai itu justru membuatmu menjadi orang yang iri hati dan rendah diri. Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain, itu tidak adil untuk dirimu.

Kamu mungkin pernah merasa iri dengan pencapaian teman-mu, pernikahan sahabat-mu, atau bahkan iri atas kehidupan mewah yang dipamerkan artis lewat media sosialnya. Lalu kamu merasa bahwa kamu tidak ada apa-apanya.

Advertisement

Tidak perlu merasa rendah diri, setiap orang punya jalan yang berbeda, alur cerita yang berbeda, serta tujuan yang berbeda. Maka, tidak adil bagi dirimu jika kamu terus membandingkan dirimu dengan orang lain.

Bandingkan saja dirimu dengan kamu yang kemarin. Sudahkah ada perubahaan kearah yang lebih baik? Sudahkah dirimu yang saat ini lebih baik dari yang kemarin? Jika dirimu yang hari ini lebih baik dari yang kemarin, maka selamat, artinya kamu berkembang. Jika pun tak ada yang berubah, bukan berarti kamu kalah lalu pantas menyerah.

Advertisement

Bagaikan jarum jam yang tak lagi bergerak akibat baterainya habis, seperti itulah kehidupan. Ada saatnya kita harus berhenti sejenak, ada saatnya kita harus memperbaiki apa yang masih bisa diperbaiki.



Jika kamu terus membandingkan dirimu dengan orang lain, itu malah akan menumpuk hal-hal negatif pada dirimu. Pada akhirnya kamu akan merasa kurang percaya diri, kurang bersyukur, dan iri. Ingatlah, setiap orang punya garis kehidupan masing-masing yang tentunya berbeda. 

Tidak ada kehidupan yang sempurna di dunia ini. Yang terpenting adalah terus berproses. Karena semua hal dimulai dengan sebuah proses yang tak mudah dan butuh banyak kesabaran. Semua ada waktunya. Akan ada hari dimana kamu akan bersinar. Daripada menumpuk emosi yang negatif, lebih baik memperbaiki diri serta menata kehidupan agar kamu bisa mencapai hal-hal yang kamu inginkan.

Temukan hal yang kamu sukai lalu mempelajarinya. Kamu tidak bisa terus diam meratapi nasib sementara bermimpi menjadi orang hebat. Jangan bermimpi kalau tidak berani mengupayakannya. Bermimpi tanpa bertindak artinya kamu hanya berkhayal.

Biarkan dirimu bersinar dengan sendirinya, dengan bekal usaha yang telah kamu perjuangkan. Ingatlah, semua ada waktunya.

Daripada membandingkan dirimu dengan orang lain, bandingkan saja dirimu dengan kamu yang kemarin. Sudahkah lebih baik?

Selamat berproses!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bagiku, menulis adalah cara untuk mengungkapkan apa yang tidak bisa diucapkan oleh lisan.

CLOSE