Dilema Para Pekerja dari Rumah yang Tidak Memiliki Kantor, Sering Kali Dicap Pengangguran

Anggapan bahwa seseorang yang memiliki pekerjaan itu harus bekerja di kantor sepertinya harus diubah. Pasalnya, di era seperti ini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, terlebih sejak munculnya Covid-19 semua hal dilakukan dari rumah mulai dari sekolah hingga bekerja, semua bisa dilakukan dengan sistem work from home.

Advertisement

Pandangan masyarakat perihal definisi bekerja benar-benar harus diubah sehingga tidak mudah bagi masyarakat melebeli seseorang dengan kata pengangguran.

Bahkan, di era seperti ini, banyak juga yang lebih memilih untuk bekerja di rumah daripada di kantor. Contohnya, para influencer, jika ditanya banyak mereka berasal dari lulusan universitas ternama. Mereka bahkan bercerita dalam channel YouTubenya bahwa mereka sering ditanya kerja di mana sekarang? Di perusahaan apa? dan seterusnya.

Pertanyaan ini sering kali dilontarkan terhadap mereka yang lebih memilih bekerja di rumah. Entah karena ingin basa-basi atau ingin mengetahui yang sebenarnya.

Advertisement

Namun, secara tidak langsung pertanyaan tersebut sering kali membawa ketidaknyamanan bagi mereka. Hal ini tentu saja miris mengingat masih saja ada seseorang yang berpandangan sempit mengenai hal ini, terlebih jika sesama perempuan melontarkan pertanyaannya.

Bekerja secara remote sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika dilihat dari kelebihan tentu saja lebih enak karena bisa mengatur waktu sendiri terlebih untuk ibu rumah tangga bisa menghabiskan waktu banyak dengan keluarga, bahkan zaman sekarang banyak bidang yang ditawarkan untuk para pekerja dari rumah.

Advertisement

Namun, di sisi lain, bekerja dari rumah juga bisa membuat pekerjanya lalai karena terlampau nyaman di rumah pekerjaan pun terkadang bisa saja kurang efisien karena ada saja godaan yang mengganggu. Belum lagi masalah internet yang kerap kali menggangu. Tanpa internet tentu saja pekerjaan akan menjadi terhambat. Untuk itu, sebelum memutuskan bekerja dari rumah harus memastikan segala teknologi pendukung.

Bekerja dari rumah sering dianggap berteman dengan kesepian alias tidak punya teman. Memang tidak bisa disangkal, mengingat orang yang bekerja di kantor sudah pasti memiliki jam kerja dan jika waktu istirahat bisa mengobrol dengan teman-temannya.

Memang benar mereka yang bekerja dari rumah terkadang merasa sepi karena tidak memiliki teman mengobrol, tidak bisa melihat orang lalu lalang, bahkan kadang juga merasa terisolasi karena harus di rumah.

Karena rumah sudah dianggap kantor, tentu saja banyak orang yang tidak tahu mengingat tidak pernah keluar dari rumah bahkan dianggap pengangguran dan parahnya lagi dikira melakukan hal-hal magis.

Jadi, apapun pekerjaanya selama itu bisa membuatmu nyaman, why not?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Selain suka buku aku juga suka halu

CLOSE