Menurut Manajer Japan National Tourism Organization, Kristiana Susanti, beberapa hal yang membuat masyarakat tertarik untuk berwisata ke negara ini antara lain adalah karena Jepang merupakan surga belanja bagi wisatawan, dan tempat-tempat unik serta cantik untuk diabadikan yang dimilikinya.Fakta tersebut tentu dapat dikaitkan dengan tingginya ketertarikan warga Indonesia kepada negeri sakura akibat banyaknya destinasi wisata menawan.

Selain sudut-sudut urban dari ibukota negara Jepang yang sering masuk ke dalam laman pengguna Instagram, sebuah titik lain yang tak kalah terkenal adalah resort khas amerika yang membangun franchise mereka di Tokyo. Tokyo Disney Resort memiliki dua buah taman bermain, Disneyland dan DisneySea. Sehingga selain dapat menikmati beberapa malam mereka dalam hotel yang telah tersedia, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan dan atraksi dari karakter yang diciptakan oleh Walt Disney.

Advertisement

Tokyo Disney Resort menyediakan berbagai macam tiket masuk terkait kedua taman bermain ini yaitu:

  1. 1-Day Passport, yaitu tiket masuk dimana pengunjung dapat memilih untuk menikmati Disneyland atau Disneysea pada satu hari tertentu
  2. 2-Day Passport, sebuah tiket masuk yang mengizinkan pengunjung untuk menikmati Disneysea dan Disneyland pada dua hari yang berbeda.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba kedua taman bermain ini dan memiliki cukup anggaran, maka tentu saja menikmati Tokyo Disney Resort secara maksimal bukanlah sesuatu yang mustahil. Akan tetapi, bagaimana jika persediaan dana mengharuskan kamu memilih antara kedua taman bermain yang menyenangkan ini? Tenang saja! Karena baik Disneyland maupun DisneySea memiliki ciri khas dan atmosfir yang dapat kamu pilih.

Advertisement

Dalam hal tema yang diusung, Disneyland dapat dikatakan lebih menunjukkan kesesuaian mereka dengan hal yang berbau anak-anak. Opini ini didukung oleh bagaimana wahana yang dimiliki taman bermain tersebut berkaitan erat dengan tema klasik Disney, seperti Alice in Wonderland, Winnie the Pooh, Peter Pan, dan Snow White.

Selain itu, wahana tersebut juga dapat dinilai tidak mengerikan untuk dikendarai oleh sebagian besar anak-anak karena tidak mengandung ketinggian serta kecepatan yang berlebih. Meskipun terdapat satu atau dua wahana terkenal milik Disneyland yang dapat dikendarai oleh orang dewasa yang gila akan adrenalin, akan tetapi taman bermain ini lebih terkenal dengan atraksi yang ramah akan anak-anak.

Sedangkan bagi Disneysea, tema utama yang diusung lebih dapat dikaitkan dengan remaja yang sarat akan tantangan adrenalin. Disneysea terkenal akan wahana yang berkaitan dengan tema Disney yang terispirasi dari franchise film terkenal mereka, seperti Toy Story, Indiana Jones, dan Aladdin. Wahana tersebut dapat dikatakan lebih berfokus pada ketinggian dan kecepatan dibandingkan dengan atraksi yang disediakan oleh Disneyland.

Meskipun Disneysea juga memiliki bagian yang cocok dengan kegemaran anak seperti Mermaid Lagoon dengan Ariel dan sahabatnya sebagai karakter utama, serta Port Discovery dengan Marlin, Dory, dan Nemo yang akan menemani anak-anak untuk berpetualang. Tak dapat dipungkiri jika Disneysea lebih memberikan perhatian mereka dalam menyediakan wahana serta pertunjukan yang tentu menarik hati dan kegemaran remaja.

Selain tema dan atmosfir yang diusung oleh Disneyland dan Disneysea, perbedaan signifikan dari kedua taman bermain ini adalah titik – titik foto yang disediakan untuk para pengunjung. Disneyland tentu saja sangat terkenal dengan titik foto utama berupa kastil yang menggambarkan secara nyata logo dari Disney sendiri. Kastil ini terletak pada bagian tengah dari seluruh taman bermain. Selain itu, dominan warna yang digunakan oleh Disneyland kebanyakan merupakan warna pastel yang senada dengan kastil tersebut.

Titik utama dari sudut – sudut foto taman bermain Disneysea juga merupakan sebuah gunung merapi yang berlokasi sama layaknya bangunan kastil yang juga terletak pada bagian tengah dari keseluruhan taman bermain. Dikarenakan mengangkat tema yang berasal dari franchise film terkenal mereka, dengan waktu rilis keluaran terbaru dibandingkan dengan Disneyland, otomatis warna yang digunakan oleh taman bermain ini lcenderung lebih pekat dan nyentrik.

Opini tersebut didukung oleh keberagaman warna yang dimiliki kastil bawah laut milik wahana ‘Mermaid Lagoon’ yang terisnpirasi oleh film dan karakter – karakter Little Mermaid, dan dominan cokleat serta biru yang dipunya oleh tema wahana ‘Arabian Coast’ yang terinspirasi oleh film Aladdin.

Seperti taman bermain yang dimiliki oleh Disney Resort pada umumnya, baik Disneyland maupun Disneysea memiliki berbagai macam parade yang akan ditampilkan pada tempat dan waktu tertentu.

Parade milik Disneyland terkesan sangat klasik, cantik, dan anggun. Parade ini akan sesuai dengan anak-anak yang tertarik dengan karakter Disney Princess. Sedangkan Disneysea memiliki parade yang terkesan menyenangkan, menarik, dan penuh dengan karakter – karakter dari film baru Disney seperti Cars, dan Disney Villains.

Setelah membaca tulisan ini, kamu udah nentuin mau kemana dulu nih?

    Advertisement

    Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya