Class of Lies, atau yang sebelumnya dikenal dengan Mr. Temporary, adalah drama seputar kehidupan di sekolahan yang dirilis di OCN. Drama ini mengisahkan seorang pengacara yang berupaya menyelidiki pembunuhan di sekolah.

Disutradarai Sung Yong-il, yang sebelumnya sudah berhasil dengan drama misterinya, Dr Frost. 

Advertisement

Pemain yang terlibat dalam serial drama ini ialah Yoon Gyun-sang (sebagai Ki Moo Hyeok, seorang advokat yang "menyamar" menjadi seorang guru), Choi Yu-hwa (sebagai Cha Hyun Jung, seorang prosekutor yang mencurigai Ki Moo Hyeok), Jang Dong-joo (sebagai Kim Han Soo, seorang siswa sekolah menengah atas), dan sebagainya.

Drama Class of Lies telah mendapat jumlah rating yang cukup banyak, terlebih lagi di episode paling akhir, yaitu mencapai 4,8%. 

Sinopsis Singkat dari Class of Lies

Advertisement

Dimulai dari seorang advokat eksklusif, Ki Moo Hyeok. Ia sudah banyak sekali menuntaskan kasus-kasus orang berada.

Hasil penyelesaian masalahnya ternyata bukan murni dari keringatnya sendiri. Melainkan didapat dari klien hasil "curian" dari rekan kerjanya.

Seorang prosekutor wanita bernama Cha Hyun Jung, sangat menyayangkan cara kerja "tidak bersih" yang dilakukan oleh Ki Moo Hyeok. Bahkan, ia memanggilnya dengan sebutan "tukang tipu".

Keterlibatan Ki Moo Hyeok di lingkungan sekolah menengah atas Cheon Myung dikarenakan diutus untuk menuntaskan permasalahan pembunuhan yang dilakukan oleh seorang murid di sana.

Murid yang diduga adalah korban bukan dari kalangan berada, seperti yang biasanya ia tangani. Melainkan, murid tersebut berasal dari panti asuhan.

Kim Moo Hyeok dipercaya dan diupahi oleh pihak sekolah, lantaran pihak sekolah tidak mau mendapatkan reputasi atau dicap buruk.

Cha Hyun Jung diperintahkan oleh pemimpinnya, agar juga dapat  menyelesaikan perkara pembunuhan dan memastikan agar diberi tuntutan yang tidak berat. 

Pertama kali yang diduga sebagai tersangka pembunuhan adalah seorang murid sekolah menengah atas, Kim Han Soo. Namun, ia menyangkal tuduhan ini.

Karena, Kim Han Soo mengaku bahwa ia adalah seorang kekasih dari seorang murid yang sebenarnya adalah korban dalam kasus ini, Jeong Soo-ah (yang dimainkan oleh Jung Da Eun).

Selanjutnya, Kim Han Soo diduga melakukan pembunuhan terhadap murid perempuan itu, lantaran ia merasa ditolak rasa cinta untuknya.

Salah satu murid sekolah menengah atas yang didakwa ini menolak berkolaborasi dengan advokat "bayaran" ini, karena ia tidak mau berterus terang mengenai urusan dari Jeong Soo-ah.

Jalan cerita misterius dan mengundang rasa penasaran, akting cukup memadai

Drama yang dirilis di tahun 2019 ini pun menuai banyak sekali apresiasi dan direkomendasikan bagi yang menyukai drama enigma alias mengandung alur yang penuh teka-teki.

Di awal drama ini, tidak langsung diekspos apa yang terjadi sebenarnya sepanjang jalan cerita, supaya audiens dapat memprediksi siapa tersangka sesungguhnya.

Tidak hanya berpusat pada jalan cerita bagaimana Ki Moo Hyeok dapat mengungkap siapa pembunuh yang sebenarnya, namun persoalan "tabu" yang terjadi di lingkungan pelajar ini akan diungkap.

Seperti, kecurangan dalam penjualan nilai, kasus perundungan atau bullying, bahkan pelacuran antarpelajar.

Jalan ceritanya pun sangat tertarik untuk diikuti. Hal yang membuat keseruan cerita ini bertambah, menebak dan mengikuti siapa yang membunuh Jeong Soo-ah dan bagaimana menemukan jejak dan motif pembunuhannya. 

Para aktris dan aktor yang terlibat dalam drama ini sangat menguasai perannya. Tidak hanya yang memerankan pemeran utamanya saja, tetapi pemeran kedua ataupun para figuran di drama ini sangat mengekspresikan dan menggambarkan karakter yang mereka mainkan.

Class of Lies sudah tayang sebanyak 16 episodes, dimana ditayangkan dari 17 Juli hingga 5 September 2019. Drama ini secara tidak langsung, dari secara keseluruhan jalan ceritanya, menyampaikan agar segera tanggap dan bertindak tegas untuk mencegah adanya motif kejahatan, khususnya di lingkungan pelajar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya