Mendengarkan Musik Indie Akan Dilabel Sebagai Anak Indie

musik indie

            Proses mendengar yang tidak mengharuskan mengingat dan merespon dengan cepat. Contohnya dengan mendengarkan musik untuk menciptakan suasana hati yang positif. Musik indie bukanlah suatu jenis atau genre musik. Kata indie sendiri berasal dari kata independen yang memiliki arti merdeka, mandiri, dan bebas. Istilah indie tersebut bisa diartikan untuk orang-orang yang ingin menciptakan karya-karya yang mereka inginkan dengan cara mandiri. Musik indie tidak memiliki label perusahaan atau rekaman, sehingga mereka merekam dan mendistribusikan lagunya sendiri. Berbeda dengan band lain yang sudah memiliki label rekaman atau perusahaan. Kemampuan intelektual ini menjadikan musisi menjadi membuka diri untuk melakukan minat dan bakat yang mereka punya. Musik indie bisa dibilang berbeda dengan musik-musik lainnya karena terkesan musik yang unik atau sering dibilang anti-mainstream dan juga memiliki kualitas yang baik, tak heran jika musik indie sangat laris dipasaran. Saat ini musik indie memiliki banyak peminat dan penggemar khususnya di Indonesia. Proses yang kompleks dari mendengarkan dengan melibatkan bagian psikologis & kognisi, yaitu melibatkan hati, telinga dan pikiran. Sehingga dengan mendengarkan musik, seperti musik indie dapat meningkatkan bagian kognitif pada diri seseorang.

Advertisement

             Musik indie di Indonesia sudah popular sejak tahun 1990-an sehingga membuat musik indie berkembang pesat, saat itu musik indie lebih dikenal dengan istilah underground. Band Mocca yang berhasil mengeluarkan album dan terjual lebih dari 100.000 copy dikarenakan saat itu musik indie semakin popular. Kesuksesan band Mocca membawakan pengaruh sangat besar untuk para musisi indie di Indonesia hingga saat ini. Banyak masyarakat yang memiliki selera musik yang unik dan variasi, terlebih pada era sekarang semakin bertambah band indie maupun musisi di Indonesia yang berkembang sangat baik seperti:

1. Payung Teduh

            Merupakan band indie yang terdiri dari 4 pria ini terbentuk pada tahun 2008 dan memiliki ciri khas musik dengan sentuhan keroncong dan jazz pop yang membuat orang-orang akan tenang saat mendengarkan lagu-lagunya. Instrumen yang lebih terkesan santai, tetapi memiliki lirik-lirik yang sangat menyentuh hati. Band ini sangat booming saat mengeluarkan single berjudul “Akad” yang menjadikan band tersebut menjadi naik daun yang menjadikan lagu ini diputar di media digital manapun. Sayangnya, vokalis dari band ini memutuskan untuk keluar dari Payung Teduh.

Advertisement

2. .Feast

            Band indie rock ini terbentuk dari sekumpulan mahasiswa FISIP Universitas Indonesia yang beranggota 5 orang. Pada tahun 2018 mereka merilis lagu berjudul “Peradaban” yang membuat band indie ini menjadi terkenal. Band indie rock ini lebih banyak menuangkan lirik-lirik yang menceritakan kriminalisasi yang sering terjadi di Indonesia, seperti pemberontakan, pemerkosaan, dan lain-lain.

Advertisement

            Meskipun istilah indie berartikan kebebasan, tetapi tetap memperhatikan kualitas yang telah menjadi hal penting yang dapat meningkatkan kualitas suatu karya seni dengan mengembangkan kemampuan dan potensi diri.

                        Pada tahun 2017-2018,  media sosial seperti twitter dan instagram sangat ramai dengan meme yang mengasosiasikan musik indie dengan senja dan kopi. Mengacu pada kaum milenial yang gemar mendengar musik indie menjadikan mereka dipanggil sebagai "anak indie" ditambah dengan hobi minum kopi dan penikmat senja serta sering mengutip kata-kata puitis. Postingan matahari terbenam dan secangkir kopi yang bermunculan di beranda media sosial, serta tidak lupa dengan caption puitis yang menjadikannya sebagai tren. Jika ada yang melakukan hal tersebut akan akan diberi label langsung pada diri kita yaitu memberikan label atau persepsi sebagai anak indie. Prasangka membuat kehilangan kesempatan untuk memahami perspektif orang lain kehilangan melihat perspektif yang baru yaitu menjadikan para pendengar musik terbebut dicap sebagai anak indie.

            Munculnya tren senja kopi dan anak indie beriringan dengan musisi atau band indie yang sedang naik daun, seperti Fiersa Besari, Payung Teduh, Fourtwnty, Hindia, dan masih banyak lagi yang menciptakan lagu-lagu bertema senja dan kopi ala anak indie untuk mengikuti trend dan menyesuaikan dengan kebutuhan pendengar. Menikmati kopi sambil mendengarkan musik indie dengan latar belakang langit disore hari. Mereka yang mendengarkan dan memiliki playlist dari musisi-musisi tersebut, maka predikat “anak indie” sudah melekat pada dirinya. Coba kalian dengar musik-musik yang sudah disebutkan diatas, siapa tau bisa menjadi tambahan list lagu indie yang jadi kamu sukai.

            Anak Indie memiliki rukun indie keenam yaitu patah hati, jika Anda ingin meningkatkan jiwa sebagai anak Indie. Instrumen musik indie menenangkan dan dikombinasikan dengan lirik yang sangat relate dengan kehidupan, perasaan pikiran, dan pengalaman sehingga cocok bagi kaum milenium yang ingin bersedih. Didampingi oleh senja yang menghadirkan suasana tentram dan sangat indah, serta ditemani kopi dan musik mellow, generasi milenial indie saat ini menjadi memilki semangat baru dan siap menghadapi tantangan kehidupan yang sangat berat dikehidupan berikutnya. Sayangnya semangat itu tidak bergeser jauh dari rukun indie keenam yang merupakan patah hati.

            Mendengar musik indie merupakan salah satu proses adaptif yang bisa menjadikan kesenangan, merubah mood atau memperbaiki suasana hati yang sedang kacau dan bisa merupakan perilaku para pendengar setelah mendengar lagu tersebut. Bagi para pendengarnya, musik indie dianggap mampu mewakili perasaan, suasana hati. Musik indie adalah jawaban atas kegaduhan didalam pikiran bagi generasi milenial yang menjadikan patah hati sebagai hobi baru yang mempengaruhi faktor budaya peran sosial terhadap sikap dan perilaku. Medengarkan musik bisa dijadikan sebagai terapi dan dinilai efektif untuk mengurangi gangguan tidur yaitu insomnia. Mendengarkan musik indie yang rileks dan tenang dapat membuat tidur kalian menjadi lebih nyenyak.

            Musik indie memilki  banyak unsur-unsur yang bernilai puitis dan juga dapat mempengaruhi para pendengar musik ini dengan lirik-lirik dan pemilihan kata yang memiliki arti tersendiri. Lirik di sebuah lagu merupakan suatu energi yang bisa mengungkapkan berbagai jenis hal yang ada didalam pikiran. Lirik lagu merupakan suatu media komunikasi verbal yang mempunyai berbagai makna pesan tersirat didalamnya, lirik pada musik indie juga mempunyai nilai serta juga pemikiran yang sama dengan berjuta kata atau peristiwa dan juga secara individu mampu untuk menarik perhatian. Musik juga adalah salah satu cara untuk melakukan komunikasi melalui suara dan nada-nada yang mampu menyampaikan pesan tersirat dengan metode yang berbeda, menarik dan juga bisa didengarkan oleh masyarakat.

            Mendengarkan musik, seperti musik indie dapat meningkatkan bagian kognitif pada diri seseorang. Mendengar musik indie merupakan salah satu proses adaptif yang bisa menjadikan kesenangan, merubah mood atau memperbaiki suasana hati yang sedang kacau dan bisa merupakan perilaku para pendengar setelah mendengar lagu tersebut. Mendengar musik indie dan hobi minum kopi dan penikmat senja serta sering mengutip kata-kata puitis menjadikan mereka disebut sebagai anak indie.

 

Referensi

Wood, Julia. T (2013). Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian (Edisi 6). Salemba Humanika: Jakarta.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE