Ilmu astronomi merupakan salah satu cabang ilmu pasti tertua. Ilmu ini mempelajari tentang ledakan supernova, radiasi kosmik serta benda-benda angkasa di dalamnya. Di Indonesia, terdapat beberapa tempat untuk belajar Ilmu astronomi diantaranya adalah Observatorium Bosscha yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat dan Planetarium Jakarta yang berlokasi di Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Sadar akan pentingnya mempelajari ilmu astronomi untuk kalangan usia dini, kami memiliki niat untuk mendukung anak-anak panti asuhan agar bisa mendapatkan pendidikan seperti anak-anak pada umumnya. Oleh karena itu, kami ingin memfasilitasi kegiatan pembelajaran sekaligus wisata yang mungkin tidak di dapatkan di program sekolah mereka.

Advertisement

Melihat hal tersebut, sekelompok Mahasiswa Universitas Mercu Buana Menteng, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Marcomm & Adv pada hari Minggu, 02 Desember 2018 mengadakan kegiatan sosial Kuliah Peduli Negeri untuk mengajak teman-teman dari Panti Asuhan Harapan Remaja, Rawamangun, Jakarta Timur untuk berkunjung melihat alat peraga dan menyaksikan bersama Teater Bintang di Planetarium Jakarta.

Adapun tujuan dari kegiatan ini harapannya adalah bisa memberikan wisata edukasi dalam bidang sains dan keastronomian yang belum tentu didapat secara maksimal di sekolah teman- teman dari panti asuhan, membangun dan merangsang minat belajar kepada anak-anak panti asuhan lewat pembelajaran yang menyenangkan dan mengembangkan kemampuan intelektual serta keterampilan untuk memahami proses perubahan dan keberlanjutan masyarakat.

Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk memberikan sarana pendidikan dan wisata ilmiah kepada teman- teman dari panti asuhan yang juga sebagai pengayaan mata pelajaran yang ada di sekolah dimana hal tersebut merupakan bagian terpadu proses pendidikan dan pembelajaran untuk merangsang minat pelajar atau peserta didik mendalami bidang ilmu pengetahuan dan teknologi keastronomian.

Advertisement

Karena nantinya, Mereka juga diharuskan untuk melakukan obeservasi atau praktik langsung, selain belajar dari teori yang terdapat di dalam buku teks sekolah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya