Ketika kamu tinggal di kota besar atau kebetulan sedang berada di kota yang baru, untuk menemukan sebuah lokasi tertentu bisa menjadi sedikit sulit. Dan ketika sedang berjalan mengikuti navigasi Google Maps dan menyusuri jalan pada saat bersamaan memang tak selalu mudah, apalagi jika kamu ada di jalan yang ramai ditambah koneksi yang tidak stabil sehingga GPS di peta sedikit terlambat.

Kini, google telah memberikan solusi untuk permasalahan tersebut, yaitu dengan menggunakan mode augmented reality (AR) yang terintegrasi untuk navigasi jalan kaki, yang membantu untuk menunjukkan jalan menuju titik yang dituju.

Advertisement

Google Maps AR memang sengaja dirancang untuk memungkinkanmu menggunakan Augmented Reality yang bisa membantu kamu menavigasi ketika berjalan. Google Maps ini menggunakan kamera di bagian belakang ponsel untuk mengidentifikasi lokasi kamu berada, menempatkan arah dan detail pada layar, tidak hanya sekedar menampilkan peta. Uniknya, petunjuk arah juga akan muncul pada layar smartphone untuk mengarahkan pengguna. 

Google Maps AR hanya tersedia untuk digunakan di luar ruangan saja dan di daerah dengan gambar Street View yang baru diterbitkan dan diperlukan kamera untuk mengenali bangunan. Selain itu, fitur ini tidak akan berfungsi apabila kamu berada di lingkungan dengan cahaya yang rendah.

AI dapat mengidentifikasi apa yang kamu lihat, sementara GPS membantu mengatur posisi pada peta. Pada akhirnya, Google Maps AR membantu mengatasi kebingungan ketika mencari lokasi tertentu, karena petunjuk arah pada peta bisa sangat membantu untuk memberitahukan ke arah mana kamu menghadap.

Advertisement

Cara Menggunakan Google Maps AR

Setelah kamu menekan tombol, halaman AR akan terbuka dan rute terbaik akan muncul. Arah akan dimulai, dengan instruksi suara normal.  Pada titik ini, Google Maps akan berusaha mengidentifikasi apa yang ada di sekitar kamu dengan memindai apa yang akan dilihat kamera smartphone dan membandingkannya dengan citra Street View. Ini terjadi di bagian atas layar, sedangkan bagian bawah layar menampilkan maps seperti biasanya.

Jika kamu menunjuk ke arah yang salah, Google Maps AR akan menunjukkan panah besar yang mengarahkanmu ke arah yang berbeda, atau kamu akan mendapatkan indikator kecil di tepi layar. 

Google Maps AR pertama kali ditampilkan dalam acara Google I/O 2018 di Mountain View, Amerika Serikat. Mode AR pada awalnya eksklusif hanya untuk ponsel Google Pixel – termasuk Pixel 3a – tetapi kini Google telah membuatnya untuk ponsel Android yang mendukung ARCore dan ARKit.

Teknologi dari Augmented Reality memang sangat membantu  karena dapat memudahkan permasalahan yang kamu hadapi dalam kegiatan sehari-hari. Dan Augmented Reality masih akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya