Gunung Triple-S Ini Wajib Jadi Tujuan Pendakian Kamu, Mau Coba yang Mana Nih?

Gunung 3S yang wajib didaki

Gunung yang ada di Jawa Tengah dengan ketinggian di atas 2000-4000 mdpl dipikiran orang-orang mungkin hanya Gunung Prau, Gunung Merbabu dsb, tetapi ternyata ada sebutan gunung yang ada di Jawa Tengah dengan sebutan Gunung Triple S yang tingginya 2000-4000 mdpl. Nah, para pecinta alam atau pendaki gunung pasti pada udah tau dong sebutan gunung triple S yang ada di Jawa Tengah.

Advertisement


Gunung triple S sendiri adalah tujuan para pendaki atau penikmat alam untuk menikmati keindahan alam semesta di atas ketinggian yang benar-benar menyatu dengan alam.


Sebelum kita membahas gunung triple S itu apa aja sedikit bocoran gunung tersebut terletak di Jawa Tengah dan berjarak tidak jauh satu sama lainnya. Sekarang mari bahas satu persatu Gunung Triple S.


Gunung S yang pertama yaitu Gunung Slamet.


Advertisement

Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet adalah Gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 mdpl. Gunung Slamet juga gunung tertinggi kedua di Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung Slamet salah satu gunung sasaran para pendaki untuk melakukan pendakian walaupun medan yang harus dihadapi atau ditempuh lumayan sulit, karena hampir sepanjang rute pendakian tidak ditemukan air dan kabut di Gunung Slamet sering berubah-ubah dan pekat. Namun para pendaki tidak menyerah begitu saja malah dijadikan pacuan untuk semangat mencapai puncak sebagai hadiah dari perjalanan yang sulit yang dialami saat pendakian berlangsung. Karena tujuan utama dari pendaki ialah puncak.

Puncak Gunung Slamet memberikan pemandangan yang luar biasa, karena para pendaki atau pecinta alam bisa menikmati alam yang sangatlah indah di atas ketinggian dan benar-benar bisa merasakan menyatu dengan alam. Maka dari itu para pendaki berbondong-bondong menjadikan Gunung Slamet sebagai tujuan utama pendakian. Di kaki Gunung Slamet sendiri terletak kawasaan wisata Baturaden yang bisa menarik dan menjadi andalan Kabupaten Banyumas. Jalur pendakian untuk mencapai puncak Gunung Slamet bisa dilakukan melalui 4 jalur yaitu Blambangan yang berada di desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja Purbalingga. Kemudian jalur Baturaden yang berada di desa Gambuhan, yang ketiga melalui jalur pendakian Dhipajaya yang berada di Kabupaten Pemalang dan yang terakhir melalui objek wisata pemandian air panas Guci yang berada di Kabupaten Tegal. Pendakian melalui obyek wisata pemanian air panas Guci jalanan terjal namun rute ini menyajikan pemandangan yang baik dari jalur-jalur lainnya.

Advertisement


Gunung S yang kedua yaitu Gunung Sumbing.


Gunung Sumbing terletak di antara 3 kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Gunung Sumbing sendiri adalah gunung tertinggi ketiga di Jawa setelah Gunung Semere dan Gunung Slamet. Gunung Sumbing mempunyai ketinggian 3.371 mdpl. Nah, Gunung Sumbing ini sasaran kedua bagi para pendaki atau pecinta alam karena view yang didapat di puncak juga ga kalah luar biasa dari Gunung Slamet. Sebagian wilayah lereng Gunung Sumbing dijadikan sebagai lahan pertanian dan Gunung Sumbing sendiri mempunyai kawasan hutan. Dari puncak Gunung Sumbing bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa dan bisa melihat gunung-gunung yang ada disebelah Gunung Sumbing seperti Gunung Merbabu, Merapi dan Sindoro.

Banyak yang udah tau juga kalo Gunung Sumbing sama Gunung Sindoro itu berhadapan dan banyak yang bilang kalo mereka sebagai Gunung Kembar seperti Gunung Merapi dengan Gunung Merbabu. Jalur pendakian untuk mencapai puncak Gunung Sumbing melalui jalur yang sangat populer yaitu melalui pos Garung yang terletak dikawasan Kledung Pass. Selain itu juga bisa melalui jalur lain seperti Bowongso, Cepit, Lamuk, Banaran, Butuh Kaliangkrik, dan Mangli Kaliangkrik. Gunung Sumbing memiliki trek atau medan yang lebih berat daripada Gunung Sindoro dikarenakan kemiringan yang terjal dan rute yang lebih panjang.


Dan yang terakhir, Gunung S yang ketiga yaitu Gunung Sindoro.


Gunung Sindoro sendiri adalah nama lain dari Sindara atau Sundoro. Gunung Sindoro terletak di antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing dan mereka dijuluki Gunung Kembar. Gunung Sindoro memiliki ketinggian sekitar 3.150 mdpl. Gunung Sindoro memiliki kawah dan kubah lava , kawah terbesar di Gunung Sindoro disebut Kembang. Dan memiliki keunikan dari gunung-gunung lainnya yaitu memiliki puncak yang sangat luas.

Ada beberapa jalur pendakian untuk mencapai ke puncak Gunung Sindoro yaitu jalur pendakian via Kledung yang terletak di desa Kledung. Jalur pendakian menuju pos 1 melewati lahan pertanian penduduk yang pemandangannya bagus. Menuju pos 2 rute jalan mulai landai selanjutnya menuju pos 3 atau pos terkahir merupakan trek menanjak dengan tanah padat bercampur bebatuan besar dan yang terkahir pos 4 yaitu Batu Tatah. Eits ada bonus pemandangan yang indah sebelum menyambut puncak yaitu Padang Edelwis.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE