Hai kegagalan, bagaimana kabarmu? Seutas pertanyaan yang kini dapat kita ucapkan. Kegagalan adalah hal biasa yang sering dialami setiap orang. Kecewa, menyesal, bahkan akhirnya menyalahkan diri sendiri merupakan bumbu penyedap untuk si kegagalan. Pernahkan kita berpikir bahwa hidup didunia itu cuma satu kali?

Iya, benar. Lalu bagaimana bisa kita membuang kesempatan yang hanya satu kali itu. Sahabat, jika kalian saat ini terus mencoba untuk membangun diri, maka berterima kasihlah pada kegagalan. Ya, mungkin beberapa orang berfikir kegagalan adalah hal paling terburuk yang mengacaukan hidup kita. Namun, perlu diketahui, kegagalan adalah pelajaran terbesar bagi orang-orang yang berfikir positif.

Advertisement

Dengan kegagalan kita dapat belajar menganalisis setiap frame kehidupan. Kegagalan memberikan kita peluang terbesar untuk memecahkan masalah dan menemukan ide-ide cemerlang yang mungkin telah tertimbun lama dalam pikiran kita. Salah satu tokoh yang namanya pernah disebut oleh kegagalan adalah Biil Gates.

Biil Gates merupakan seorang mahasiswa yang di drop out dari kampusnya di Harvard hingga bekerja menjadi office boy pun pernah ia lalui. Apakah ia menyerah atas nasibnya? Tidak, berkat kerja keras dan semangatnya dalam membangun diri, bersama rekannya Paul Allen, ia berhasil menciptakan perangkat lunak Microsoft dan ia juga menempati posisi pertama orang terkaya dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun mulai dari 1995 hingga 2007.

Sahabat, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Kegagalan justru memberikan arti yang besar dalam hidup kita, jika hari ini kita tidak berhasil mendapatkan apa yang kita impikan maka teruslah berjuang membangun diri. Ambil setiap hikmah yang terjadi dalam kehidupan. Pelajari bagaimana cara mengambil keputusan. Tumbuh kembangkan rasa percaya diri bukan dengan mengeluh. Jangan melupakan dukungan orang-orang disekelilingi kita, dan terakhir ucapkan lah terima kasih kepada kegagalan agar kita dapat selalu bersyukur atas apa yang Tuhan anugerahkan dalam hidup kita.

Advertisement

Salam Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya