Apakah kuharus menyerah terhadap keadaan yang ada, apakah takdir akan selamanya tidak memihak terhadapku, entahlah tapi aku hanya ingin berusah dan berteriak kepada mereka yang mengatakan kepadaku bahwa diriku tak akan pernah berhasil untuk selama-lamanya.

Advertisement

Pernahkah kau merasakan yang aku rasakan bahwa tidak enaknya menjadi orang yang tidak bisa menjadi apa-apa, bahkan untuk sekali saja menjadi orang yang membanggakan, paling tidak bisa membuat orang lain mengatakan aku bisa!!.

Padahal semua usaha sudahku lakukan untuk menjadi juara, tapi takdir selalu mematahkan semua impianku, mungkin kalian tidak akan pernah mengerti bagaimana rasanya berada di bawah untuk waktu yang lama, bahkan ketika di saat ku benar benar rajin dan giat bahkan serius, takdir selalu bisa mengatakan "Aku gagal."

Sejak aku pertama mengatakan aku gagal, di saat itu aku benar-benar ingin menyerah untuk berjuang lagi, semangat masa muda yang didambakan banyak orang untuk menjadi kunci kesuksesan telah kubuang sia-sia. Dari ribuan kata motivasi dan bualan tentang impian yang akan digapai dengan usaha sekuat tenaga, bagiku itu semua terdengan hanya omong kosong, mungkin banyak yang mengatakan bahwa yang kubicarakan ini sedikit bertentangan dengan apa yang selama ini kalian yakini, tapi inilah kenyataan bahwa di luar sana di bagian dunia kalian terdapat orang yang benar-benar tidak dapat melakukan apapun dan hanya kegagalan yang didapatkan bersama sang takdir.

Advertisement

Terlihat seperti dongeng? Mungkin, tapi inilah kenyataan dunia yang selama ini kalian hinggapi tanpa paham bahwa teman kalian di dunia bagian lain membutuhkan bantuan. Dengan semua kegagalan ini aku belajar bahwa menjadi orang hebat itu memang butuh proses, tapi bagaiamana denganku, meski ku sadar semua butuh usaha dan proses, aku tidak yakin kalua semua yang berusaha akan mendapatkan apa yang mereka impikan.

Sudah mengeluh? Iyap, seperti itulah kalau aku menyerah, kalau aku menyerah semua akan berakhir dengan menyalahkan takdir yang tidak menentu, bahkan lebih dari setengah kemungkinan kalau aku akan mendapatkan yang buruk, tapi percayalah.

Percayalah, semua usaha itu tidak akan ada yang sia-sia. Ketika kau mengatakan kalau kegagalan itu dinilai dari hasil akhir maka semua akan berakhir dengan hal yang sama seperti yang aku ceritakan, tapi sesungguhnya proses lah pilar penentu kesuksesan atau keberhasilan seseorang, karena ketika aku mencoba untuk merangkak untuk berusaha, aku tidak sendiri, ya aku bersama semua teman-temanku yang saling mendukung untuk sama sama berada di puncak bersama, percayalah ketika kau merasa gagal setelah berusaha dibalik semua proses itu kau pasti pernah membantu temanmu, dan bayangkan kegagalanmu berakhir dengan keberhasilan temanmu menggapai mimpinya. Apakah semua ini masih kau sebut kegagalan?.

"Mereka yang memiliki hati yang paling baik adalah mereka yang menelan rasa sakit dan mencegah orang lain untuk merasakannya "

-Nightmare teller.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya