Saya bangga menjadi warga Sidoarjo, karena beberapa Bulan yang lalu tim Dinas Lingkungan Hidup mengadakan sebuah gerakan yang bernama “Sidoarjo Bersih Hijau”. Dalam artikel saya ini, menerapkan Gerakan tersebut. Jadi, Tim Dinas Lingkungan Hidup melombakan Gerakan tersebut. Sangat menarik bagi salah satu Desa yang terpilih untuk mengikuti Lomba kebersihan antardesa/kelurahan.

Kita hidup sangat membutuhkan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, kita juga membutuhkan penghijauan disekitar kita, untuk apa? Sebenarnya selain untuk diri kita sendiri juga sangat bermanfaat untuk orang lain. Penghijauan merupakan paru-paru kota, karena tumbuhan menghasilkan oksigen. Makhluk hidup bernafas sangat membutuhkan oksigen yang baik untuk dihirup. Seperti Gerakan Sidoarjo bersih hijau lebih ditujukan kepada semua warga Sidoarjo. Untuk mengubah mindset warga Sidoarjo agar mau mengurangi sampah semaksimal mungkin.

Waktu itu, saya mengunjungi salah satu Desa yang ikut serta lomba Gerakan tersebut. Desa yang saya kunjungi bernama Desa Jiken, Kecamatan Tulangan . Saya melihat warga desa tersebut sibuk dengan merawat tanaman disekitarnya, mempercantik lingkungan disekitar rumahnya. Selain itu, anggota remaja Desa tersebut juga sibuk mengolah kembali sampah plastic untuk di jadikan hiasan yang menarik. Gerakan itu selain merawat penghijauan disekitar Desa, juga mengurangi limbah sampah dengan melakukan daur ulang .

Yang saya llihat penghijauan di Desa tersebut sangat bagus dan menarik. Disebelah rumah salah satu warga ada lahan kosong, lahan tersebut dimanfaatkan untuk menanam tanaman Jagung. Dan disepanjang jalan desa tersebut, ada beberapa tanaman Pare . Ada lagi hal yang sangat unik, warga Desa tersebut menggunakan sepatu yang sudah tidak layak pakai untuk dijadikan sebuah pot yang ditanami beberapa bunga. Warga Desa Jiken juga mengolah limbah sampah plastik bekas tempat minyak goring untuk dijadikan pot. Di depan rumah warga juga terdapat tanaman gantung, guna rumah warga agar terlihat lebih rindang.

Tidak sia-sia saya mengunjungi Desa tersebut. Saya banyak menemukan hal-hal yang sangat unik dan menarik tentang sebuah penghijauan. saya berharap setelah adanya Lomba Gerakan Sidoarjo bersih hijau, warga Desa Sidoarjo tidak akan lalai untuk memperhatikan tanaman dan pepohonan disekitarnya.

Advertisement

Ini dapat menjadi referensi untuk memperindah kotamu.