#RemajaBicaraKespro-Cara Menjalin Hubungan yang Harmonis dan Efektif Antar Sesama

Cara menjalin hubungan yang efektif

Hai! Apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan yang sehat dan selalu diberikan nikmat dan kasih sayang oleh Tuhan YME.

Advertisement

Menjaga hubungan antar sesama memanglah sangatlah penting. Namun ada kalanya menjaga relasi tidaklah mudah supaya hubungan tetap harmonis. Merasa asing di lingkungan yang ramai – adakah yang pernah mengalami kejadian tersebut? Jika pernah mengalaminya, selamat datang di ceritaku.

Komunikasi adalah kegiatan keseharian kita sebagai makhluk sosial. Namun ada kalanya komunikasi antar individu sering mengalami kesalahpahaman karena miskomunikasi antar sesama. Pada akhirnya kita tidak dapat menyampaikan suatu pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain.

Bagi remaja sering sekali mengalami penolakan terhadap komunikasi yang kita ingin sampaikan kepada orang lain. Komunikasi yang tidak tersampaikan dengan baik akan berdampak pada kualitas hubungan dengan orang yang ingin kita ajak komunikasi.

Advertisement

Dampak paling buruk kita ditolak dan tidak dianggap oleh lingkungan sekitar kita. Penolakan itu terjadi tidaklah murni dari lingkungan semata, terkadang kita juga perlu melakukan introspeksi diri apakah kita telah menyampaikannya dengan baik kepada orang tersebut atau tidak.

Namun ada baiknya kita angan langsung menghakimi lingkungan sekitar. Terrkadang orang lain tidak paham apa yang ingin kita sampaikan, sehingga hasilnya kita mengalami penolakan. Hal ini bisa berdampak pada hubungan kita dengan lingkungan sekitar karena diri kita kurang bisa membangun hubungan/relasi dengan orang lain.

Advertisement

Lalu bagaimana membangun relasi dengan orang lain supaya lebih harmonis dan efektif? Bagaimana caranya orang lain dapat memahami maksud yang ingin kita sampaikan?

Pertama usahakan kita menyampaikan dengan jelas apa yang ingin kita sampaikan kepada orang lain. Selanjutnya pahami kondisi lawan bicara yang akan diajak komunikasi. Hal ini karena setiap individu memiliki ciri khas dan kepribadiannya masing-masing. Coba atur  gaya komunikasi kita sehingga menghadirkan keharmonisan dan efektifitas dalam membangun relasi antar individu.

Menjalin relasi dengan orang lain memanglah sangatlah penting salah satunya agar ada orang yang bisa menolong saat kita mengalami kesusahan. Jika kita menjalin relasi baik dengan orang lain maka bisa jadi di masa depan mereka akan membantu memberikan solusi yang sedang kita alami.

Namun ada kalanya kita harus lebih berhati-hati dalam memilih teman agar tidak terjerumus dalam toxic relationship. Bijaklah dalam berteman dan menjalin hubungan dengan orang lain.


Kawan,  jika kamu ingin berjalan cepat maka berjalanlah sendiri. Namun jika dirimu ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama.


Kutipan tersebut merupakan gambaran untuk diri kita. Jika ingin berjalan cepat, kita bisa berjalan sendirian tanpa ditemani oleh orang lain. Namun jika kita ingin berjalan jauh, maka kita lebih baik berjalan bersama. Kita ini adalah makhluk sosial yang pastinya memerlukan bantuan orang lain. Oleh karena itu, penting sekali kita membangun relasi yang baik dengan orang lain. 

Akhir kata, jangan lupa bahagia. Salam hangat dari diriku, sahabat terbaikmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE