Asalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.… Ramadan adalah bulan yang membawakan kebahagian untuk umat islam. Karena kita harus menahan hawa nafsu, rasa haus, dan lapar selama kurang lebih 13 jam lamanya. yang istimewa dari bulan Ramadan adalah acara buka bersama keluarga.

Lalu apa masakan andalan moms pada saat berbuka puasa? Padahal para moms harus bisa mengkombinasikan masakan yang bergizi sebagi pengganti energi yang kita gunakan pada saat berpuasa. Nah di sini saya akan berbagi tentang resep yang lezat sekaligus bergizi untuk tubuh kita.

Advertisement

Ikan nila pedas bumbu kemangi. Wah masakan ini cocok untuk moms dan keluarga yang suka pedas tapi kita bisa kok atur sendiri berapa cabai yang digunakan jika moms dan keluarga tidak suka pedas. Kenapa harus pakai ikan nila? Kita bisa kok moms menggantinya dengan ikan kuniran atau ikan karapu. Kenapa saya memakai ikan nila yah, karena mudah ditemui dipasar dan juga ikan nila mempunya gizi yang baik apalagi untuk para moms yang ingin menurunkan berat badan atau diet karena ikan nila ini sangat rendah kalori, dan bukan itu saja ikan nila juga bisa untuk mencegah kanker prostat dan penuaan dini.

Ikan nila juga baik untuk kesehatan tulang karena mengandung fosfor vitamin B3, B5 dan B12. Banyak sekali kan moms kandungan dari ikan nila ini. Jika moms ingin memperhatikan tentang asupan sayur, jangan kuatir moms di resep masakan ini menggunakan daun kemangi. Moms taukan daun kemangi itu. yups daun mungil yang biasanya digunakan untuk pendamping lalapan itu moms.

Ternyata baik untuk meburangi bau badan daun kemangi juga menyimpan kasiat yang luar biasa. Daun kemangi dapat membunuh kuman penyebab keputihan, membunuh jamur dan anti radikal bebas. Tak lupa pula daun kemangi juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti sayur-sayuran hijau yang lainnya.

Advertisement

Wahh lengkap sekalikan moms kandungan gizi yang terdapat didalam resep masakan ini. Tunggu apalagi moms yuk kita intip proses pembuatannya

Bahan

½ kg ikan Nila

6 Siung bawang merah

3 Siung bawang putih

20 buah cabai rawit

1 ruas kunyit

3 butir kemiri

Daun kemangi

1 gelas santan peras

Bumbu yang dihaluskan

Kunyit, kemiri, 1 siung bawang putih

Bumbu yang diiris

Bawang merah, 2 siung bawang putih, cabai rawit dan cabai hijau diris serong

Cara membuat

1. goreng ikan jangan terlalu kering dan tiriskan.

2. panaskan minyak dan tumis bumbu halus.

3. masukkan irisan bumb kecuali cabai hijau dan kemangi.

4. setelah berbau wangi, tambahkan 1 gelas air santan.

5. tambahakan garam, gula dan penyedap rasa (masako ayam) secukupnya.

6. masukkan ikan ikan yang sudah digoreng, bolak balik ikan hingga bumbu meresap kedalam daging ikan (Perhatikan santan jangan sampai pecah).

7. jika santan sudah mendidih masukkan cabai hijau dan kemangi lalu angkat.

8. Ikan nila pedas bumbu kemangi siap dihidangkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya