Tanggal 15 Mei diperingati sebagai International Days of Families. Peringatan Hari Keluarga Internasional ini telah ditetapkan oleh PBB sejak tahun 1993. Selain itu, peringatan ini sebenarnya mampu mengingatkan kita akan pentingnya peran keluarga. Keluarga sebagai lingkungan terdekat dalam kehidupan, yang mana akan membentuk perilaku atau kepribadian masing-masing orang. Hal tersebut nantinya yang akan memengaruhi bagaimana cara seseorang mampu beradaptasi di lingkungan masyarakat yang lebih luas.

Pentingnya peran keluarga ini mampu terwujud apabila terjalin komunikasi dan kedekatan yang baik antar anggota keluarga. Kedekatan, kebersamaan, dan komunikasi yang baik dapat dilakukan melalui banyak cara. Misalnya, saling bertukar cerita. Biasanya seorang anak enggan bertukar cerita dengan orang tuanya. Takut dianggap salah, atau memang tidak nyaman, sehingga mereka memilih untuk bercerita dengan teman-temannya. Padahal, dengan bercerita kepada orang tua yang tentunya memiliki pengalaman lebih banyak dalam kehidupan, pasti akan mendapat solusi yang baik dari sebuah permasalahan. Dengan adanya keterbukaan inilah yang akan meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga. Hal lain yang dapat dilakukan adalah menonton film bersama. Sering kali anak menonton film bersama teman-temannya. Sangat jarang dilakukan, menonton film bersama keluarga. Dengan menonton bersama keluarga maka tontonan anak akan terjaga. Mengingat banyaknya tontontan sekarang yang kurang mendidik. Anak juga dapat menerima penjelasan dari orang tuanya untuk memahami film yang ditonton. Selain itu, pesan moral yang ada dalam film dapat disampaikan kepada anak sehingga anak mampu menerapkan dalam perilakunya. Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berlibur tentunya akan membantu meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga. Berlibur tidak harus pergi ke tempat yang jauh. Berlibur dapat dilakukan di mana saja. Hal yang penting di sini adalah adanya quality time dengan keluarga. Setelah banyak melakukan aktivitas atau pekerjaan tentu keluarga lah tempat yang paling nyaman untuk pulang.

Advertisement

Dengan adanya waktu untuk keluarga maka akan mampu menciptakan suasana yang hangat dan harmonis. Selain itu juga mampu memberikan makna kepada setiap indivisu, betapa pentingnya arti keluarga dalam kehidupan. Mengetahui pentingnya arti keluarga dalam kehidupan sejak dini akan menciptakan keluarga yang harmonis. Tentu kita juga semakin mengetahui bagaimana perjuangan seseorang dalam keluarga. Apalagi perjuangan orang tua untuk anak-anaknya, dari mencari nafkah, mendidik anak-anaknya, hingga membesarkannya agar menjadi anak yang baik bagi keluarganya maupun lingkungannya. Oleh karena itu, hargailah setiap moment dalam keluarga. Maka, kita pun mampu menyadari betapa pentingnya arti keluarga dalam kehidupan. Selamat memeringati Hari Keluarga Internasional!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya