Kalau Bukan Kita, Maka Siapakah Pemimpin Masa Depan Kelak?

Pemimpin itu sebenarnya sudah tertanam didalam diri kita, dimulai sejak kita dididik oleh orang tua hingga dewasa nanti.

Pemimpin adalah seseorang yang memiliki pribadi ke depan atau bisa diibaratkan orang yang melihat lebih banyak, melihat lebih jauh, dan melihat sebelum orang lain melihat. Bisa kita lihat bahwa pemimpin itu harus memiliki pandangan ke depan. Pemimpin itu tidak harus dilihat dari pribadi dan kepintarannya serta pemimpin itu tidak mengenal gender maupun kasta.

Advertisement

 

Mengenali diri kita adalah hal yang paling dasar jika kita ingin memimpin diri sendiri. Mengapa? Jika seorang pemimpin memimpin sebuah kelompok tetapi tidak mengenal pribadi anggotanya, maka ia akan kesulitan untuk bekerja sama dengan mereka. Sama halnya dengan memimpin diri sendiri. Jika kita tidak tahu siapa diri kita, kelebihan dan kekurangan kita, dan apa yang kita inginkan, maka kita pun akan kesulitan untuk memimpin diri kita.

 

Advertisement

Oleh karena itu, kita harus mengenali diri  sendiri terlebih dahulu. Janganlah terlalu mengagung-agungkan orang lain, tetapi banggalah dengan kelebihan dan potensi yang kita miliki. Percayalah bahwa masing-masing dari kita diciptakan dengan talenta yang berbeda-beda. Tugas kita adalah mengembangkan talenta tersebut, bukan hanya mengagumi talenta orang lain, tetapi dimana pemimpin itu dapat menunjuk dirinya sendiri untuk memiliki pemikiran kedepan.

 

Advertisement

Pemimpin itu sebenarnya sudah tertanam didalam diri kita, dimulai sejak kita dididik oleh orang tua hingga dewasa nanti. Walaupun kita saat ini belum sadar bahwa diri kita bisa memiliki kemampuan tersebut untuk menjadi seseorang pemimpin nantinya, sebenarnya tanpa disadari kita sudah memiliki kemampuan tersebut ,seperti memiliki pemikiran kedepan akan hal sesuatu, memiliki ide-ide kedepan, dapat menggambarkan untuk masa yang akan datang, akan melakukan apa, dapat mengasah lagi kemapuan berupa hard skill dan soft skill kita, memiliki pribadi yang disiplin, jujur dan murah hati.

 

Pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dan percaya diri yang tinggi serta pemimpin tidak malu untuk bermimpi karena lewat mimpi lah mulai membangun kontribusi lewat solusi yang di kreasikan bersama timnya, akhirnya akan tercipta kesan yang baik.

 

Apakah kamu, memiliki kesiapan menjadi seseorang pemimpin ?, karena pemimpin adalah sebuah keniscayaan yang dating tak terduga karena setiap manusia adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggung, hasil, harapan dan kesan terakhir.

 

“Pemimpin bukan sekadar bisa jadi hero, tapi bisa menciptakan dan menggerakan hero-hero lainnya ikut turun tangan” Kutipan dari Anies Baswedan

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE