Perubahan terjadi begitu cepat tanpa disadari.

Siapa bilang hidup ini mudah? Kalau memang itu yang kalian rasakan, berarti perlu dievaluasi apakah kita sedang terjebak dalam comfort zone? Atau memang kita sedang tidak mengupayakan apa-apa?


Perlu diingat sejatinya hidup itu adalah seni menyelesaikan masalah.


Advertisement

Manusia tidak akan pernah lepas dari masalah, karena sejatinya hidup ini penuh dengan masalah, tergantung bagaimana kita menyikapinya dan menyelesaikan masalah itu sendiri. Tapi jangan sampai lupa setiap permasalahan yang diselesaikan setidaknya akan membuat kita tumbuh dan naik satu tangga naik ke atas, bahkan bisa naik sampai tiga atau empat langkah.

Andai hidup ini mudah akankah hidup semenarik ini? Dengan segala kejutan dari Tuhan yang memang tidak terduga, yang awalnya baik-baik saja atau sangat baik tiba-tiba bisa menjadi keadaan yang paling buruk dalam hidup. Ya, inilah hidup dengan segala keindahan dan kejutan yang tak terduga dari Tuhan. Tidak ada masalah yang tidak berujung, seperti selalu ada kebaikan di setiap upaya yang baik. Tidak ada yang bisa menjamin hidup kita nanti ke depannya bagaimana, tapi selalu ada mimpi yang bisa diupayakan bukan?


Menyesal dan gagal lebih baik daripada tidak melakukan apapun, mungkin sudah banyak sekali hal yang kita lakukan dan akhirnya kita menyesal karena melakukannya dan tidak melakukannya. Ingat kita sudah pernah banyak menyesal dan hanya orang baik yang menyesal.


Advertisement

Ingat sudah berapa banyak laki-laki atau wanita baik yang lepas selama ini? Kalau banyak berarti laki-laki atau wanita baik yang sekarang ini jangan sampai lepas. Mungkin saja yang ini yang terakhir diberikan Tuhan. Ingat juga seberapa sering dulu kita menyepelekan pelajaran dan akhirnya sekarang tidak tahu apa-apa. Atau berapa banyak pekerjaan yang tidak kalian ambil karena gaji kecil? Padahal segala hal bermula dari yang kecil.

Ya, memang terkadang kita akan di atas kemudian jatuh dan tantangan sesungguhnya datang ketika kita jatuh. Butuh keberenian untuk memulai kembali. “You standing up for your dream.”

Tidak peduli betapa kelamnya masa lalu, tetapi bab terkahir dalam hidup belum lah tertulis. Yuk mulai sekarang kita habis-habisan untuk apa yang kita inginkan! Tetapi bersiaplah untuk beberapa penolakan, kekecewaaan, kegagalan bahkan rasa sakit, akan ada orang yang menganggapmu remeh, ataupun diabaikan beberapa orang.


Kemudian akan ada saat dimana anda akan meragukan diri anda dan bertanya kepada Tuhan, “Kenapa ini terjadi pada saya lagi ya Tuhan?”


“It’s Hard to changing your Life”. Tapi kita harus percaya “There is always an answer for everything.”

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya