Untukmu yang Lulus di Kala Pandemi: Percayalah Kalian Bukan Angkatan Corona, melainkan Generasi Emas Indonesia

kalian bukan angkatan corona

Pelajar atau mahasiswa yang lulus tahun 2020 adalah angkatan emas yang patut dibanggakan. Banyak di kalangan pelajar atau mahasiswa merasa minder dan tidak percaya diri, hal ini dikarenakan banyak di sosial media atau meme bahwa lulusan 2020 merupakan hasil give sekolah atau kampus akibat pandemi korona. Ada beberapa pelajar kecewa karena tidak dapat mengikuti ujian seperti tahun-tahun sebelumnya. Banyak juga yang merasa kecewa karena tidak dapat bertemu dengan teman-teman sambil melepas rindu dan belajar bersama

Advertisement

Jangan terlalu bersedih kalo tidak bisa mengikuti wisuda. Wisuda itu adalah panggung bukan bukti, tidak dapat menghadiri wisuda secara fisik tidak akan mengurangi kualitas menjadi seorang cendekiawan atau cita-cita yang diinginkan. Contoh ada seorang pelajar ingin menjadi seorang dokter, dia lulus dari sma jurusan IPA, sudah berjuang sekuat tenaga dan pikiran. Les privat tiap hari agar mendapatkan hasil yang memuaskan di ujian nasional maupun sekolah besok. Namun, waktu dan situasi berkata lain dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan pelajar tersebut. Karena pandemi corona aktivitas dihentikan, sekolah dilakukan secara daring.

Semua siswa diharuskan belajar di rumah. Bahkan kebijakan pun diubah sehingga pelajar lulus tanpa ujian nasional atau ujian sekolah. Hal ini membuat pelajar ini kecewa, kecewa karena usaha diantaranya seperti les privat dan lain sebagainya merasa sia sia karena tidak dapat mengikuti ujian nasional.


Namun dalam hal seperti ini, kita tidak bisa menyalahkan siapapun. Ini sebuah musibah, ini sebuah pandemi.


Advertisement

Sehingga lulusan 2020 ini tidak boleh minder apalagi malu dan berpikir lulus karena give away sekolah atau bahkan tidak puas karena tidak wisuda. Generasi atau lulusan saat ini adalah lulusan yang emas dan terbaik, karena mereka mampu menahan diri untuk tidak menuruti egonya dengan berdamai dengan keadaan. Justru ini adalah pembuktian bukan dengan toga dan ijazah tapi dengan upaya dan jerih payah, dan itu dimulai dari hari ini.

Dan kalian harus percaya, kalian adalah hebat. Kalian adalah angkatan yang adaptif terhadap perubahan, tahan banting karena banyak tantangan, dan terbukti mampu mengontrol emosi. Jangan pernah minder ataupun malu terhadap situasi dan kondisi saat ini, semua pasti ada hikmahnya. Sukses dan terus menginspirasi ya. Percayalah kalian bukan angkatan corona tapi harapan emas untuk Indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE