Kamu Wajib Tahu, Bahaya Psikosomatik di Tengah Wabah COVID-19

Berfikiran positif agar diri lebih tenang

Gangguan psikosomatik tidak memandang gender dan usia. Siapa saja bisa mengalaminya. Kondisi saat ini tentang merebaknya virus corona bisa menggangu fikiran dan kesehatan mental.

Advertisement


Gejalanya berawal dari masalah psikologis seperti kecemasan, panik, takut dan stres berlebihan. Gejala fisiknya meliputi sakit kepala, berkeringat, sakit perut dan jantung berdebar.


Semua hal terjadi karena rasa khawatir yang berlebihan karena wabah corona ini sudah mendunia dan memakan banyak korban. Semua portal berita selalu mengupdate pemberitaan terbaru tentang virus corona dan semua orang pasti selalu mengikuti perkembangan virus covid-19 tersebut.

Namun banyak berita yang kita baca secara tidak sadar membuat rasa panik dan takut muncul. Ada baiknya untuk seseorang yang mempunyai riwayat kecemasan, serangan panik dan saat gejala fisik sudah muncul cobalah untuk tenangkan diri dan atur pernapasan. Jangan membaca hal-hal yang memicu kepanikan semakin menjadi-jadi. Banyak berita di luar sana yang membuat orang-orang menjadi cemas dan terlalu khawatir.

Advertisement

Pilihlah bacaan yang membuat dirimu berpikiran positif, jika ada hal negatif tidak perlu difikirkan berlarut-larut. Cari sumber yang paling terpercaya seperti situs website yang sudah disediakan pemerintah. Semuanya akan membaik seiring berjalannya waktu. Yakinlah badai corona ini akan segera berlalu. Banyak orang merasa sangat khawatir dan takut tentang virus covid-19 dan sebagian merasa virus ini akan bergilir dan menyerang diri mereka.

Jika kamu selalu berada dirumah beberapa minggu terakhir, sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan jadi jangan cemas. Jika kamu masih merasa cemas, takut bahkan stres dan gejala fisik pun timbul itu dikenal sebagai reaksi psikosomatik. Jika kecemasan dan rasa takut tidak mereda lalu gejala fisik terus muncul segera konsultasikan ke dokter atau psikater atau psikolog.

Selain selalu berpikir positif dan jaga kebersihan diri. Kamu juga harus istirahat sejenak dari berita, meskipun berita sangat penting namun ada baiknya alihkan perhatian dan luangkan waktu untuk bersantai dan lakukan hal yang kamu sukai yang bisa dilakukan di dalam rumah. Kamu juga harus mengatur pola hidup lebih sehat lagi dengan tidur cukup. Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Minum air putih yang cukup. Lebih sering cuci tangan dan hindari keramaian. Berdoa dan beribadah juga mungkin bisa membantu hati dan fikiran kamu menjadi lebih tenang dan rileks.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

saya suka melangkah kecil di pesisir pantai. penyayang kucing. seorang wanita yang penuh dengan impian tapi suka bangun siang.

CLOSE