Menjadi anak rantau, momen bersama keluarga adalah salah satu hal yang selalu dinanti kedatangannya, terutama momen bersama ibu. Saat liburan adalah hal yang paling berharga, menghabiskan waktu bersama ibu, memasak bersama ibu, dan banyak hal indah yang ga bisa lagi di deskripsikan. Setiap waktu bersama ibu berjalan sangat cepat, bahkan menjalani haripun tak akan terasa jika dilalui bersama ibu.

Ibu adalah seseorang yang mudah sekali menyesuaikan diri untuk kita. Ada kalanya menjadi teman, sahabat, orangtua, bahkan menjadi kakak untuk kita, tergantung apa yang kita butuhkan saat itu. Terlebih, menjadi anak rantau adalah tantangan tersendiri bagiku yang tidak bisa setiap saat bertatap muka secara langsung, atau bahkan bercerita langsung semua masalah hari itu. Walaupun bonding antara ibu dan aku tak pernah berbohong dan pada akhirnya akan menceritakan semuanya. Jika ada sebuah pertanyaan "pernahkah kalian bahagia bersama ibu?" jawabannya adalah hidupku selalu bahagia karena kulewati bersamanya. Bahagia, karena disetiap kata yang keluar dari bibirnya adalah sebuah doa, sebuah nasihat yang menenangkan, sebuah harapan untuk masa depan anak-anaknya. Setiap tawa yang terlukis di wajahnya, adalah supported therapy untuk anak-anaknya. Ibu tidak akan mengecewakan, walaupun sebagai anak justru kita kerap kali membuatnya bersedih, dan kecewa terhadap hasil yang kita dapatkan.

Advertisement

Ibu, adalah psikolog, dokter, konsultan, koki, dan madrasah terbaik kita. Ibu selalu memberikan pelajaran terbaiknya untuk kita, merawat kita ketika sakit tanpa sedikitpun mengeluh, memberikan nutrisi terbaik untuk kita setiap harinya, selalu meminjamkan bahunya untuk bersandar dikala kita berada pada titik terendah, memberikan solusi terbaik dikala kita dirundung masalah besar sekalipun. Aah, tidak dapat dideskripsikan lagi karena begitu banyak kisah bersama ibu yang telah dilewati. Ibu, tak akan pernah menunjukan rasa sedihnya di hadapan kita, selalu tersenyum di segala kondisi dan situasi. Tak pernah lelah berjam-jam mendengarkan suara anaknya via telpon yang sedang menangis menceritakan kejadian hari-hari dikampus dan seabreg masalah lain.

Ibu selalu menyiapkan bahunya untuk kita bersandar, menyiapkan pangkuannya untuk menerima keluh kesah kita. Ibu adalah sosok yang tepat untuk selalu dicinta, dan untuk selalu dirindukan. Lantas, jika ditanya apa itu definisi cinta? Menurutku, definisi cinta itu tidak dapat dijabarkan panjang lebar, namun ibu lah yang mampu mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari kita. Mencintai tanpa lelah, mencintai tanpa pamrih, dan mampu menjabarkan cinta yang sebenar-benarnya cinta tanpa ada manusia yang mampu menuliskannya. Sungguh, cinta seorang ibu yang dimulai sejak kita dalam kandungan, bahkan sejak ibu belum melihat wajah kita, namun sudah mampu mencintai sepenuh hati, sampai usia kita yang bukan belia lagi dan cintanya tak akan pernah lekang oleh waktu, tak akan pernah tergerus zaman, hanya anak-anaknya lah yang mampu merasakan kekuatan cinta seorang ibu.

Karena ibu, aku selalu tahu cara terindah untuk mencintaimu. Aku selalu tahu cara untuk merindumu dengan caraku, dan sesungguhnya, bahagiamu adalah bahagia yang tiada tara untuk diriku.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya