Menuju 2023 Menjadi Kaum Muda yang Lebih Baik, Persiapkan Diri dari Sekarang

Tak terasa, kita sudah berada pada akhir-akhir bulan di tahun 2022. Terhitung 3 bulan sejak sekarang, kita akan menuju tahun baru 2023. Lantas apa yang sudah kita persiapkan untuk menuju lebih baik? Sudahkah kita berbenah? Apalagi para kaum muda yang sedang menanti-nanti masa depan yang lebih baik.

Advertisement

Masa depan gemilang tentunya adalah mimpi bagi setiap orang, termasuk anak muda dengan sejuta mimpinya dalam dunia karier untuk diwujudkan di masa depan. Aku tebak, nih, mungkin ada yang mau jadi pengusaha, kerja di BUMN, jadi PNS atau jadi artis sukses. Ada juga yang selalu ramai yaitu menjadi content creator, selebgram, atau menjadi ibu rumah tangga keren juga tidak pernah salah. 

Zaman semakin berkembang, di tahun 2022 ini banyak sekali perubahan yang dirasakan, mulai dari aturan tata negara yang berubah, penerimaan masuk perguruan tinggi yang turut berubah, tes CPNS ditiadakan dan digantikan dengan membuka peluang di PPPK, hingga diadakannya pahlawan UMKM bagi para founder aplikasi yang membantu para UMKM. Dengan semua itu, mulai dari sekarang kita harus belajar mengikuti perkembangan zaman. Era digital ini bisa membuat kita beradaptasi dengan semuanya. Namun, jangang dipaksa, yah SoHip. Mengalirlah sesuai kemampuanmu saja. 

Berbicara tentang kemampuan, anak muda jangan pernah menutup diri dari segala kesempatan. Cobalah semua hal agar kamu bisa menemukan minatmu. Menurut Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir, tahun 2022 hingga mendatang, lowongan kerja yang paling diminati adalah data analyst, digital marketing, content writing. Bagi kamu yang masih pemula, jangan nggak bisa, ah dulu, sebab masa kini, sudah banyak juga perusahaan atau start up yang memberikan layanan pelatihan seperti free trial class atau mini project. Pelatihan ini bisa kamu ikuti untuk menambah pengalaman, bekal untuk CV dan portofolio.

Advertisement

Nah, gimana? Sudah merasa termotivasi belum? Kalau belum, kita lanjut lagi. Dalam proses kamu mengusahakan karir, akan banyak tantangan yang harus siap kamu hadapi. Baik dari dirimu sendiri, maupun orang lain seperti dari kedua orang tua atau orang lain. Sikap dasar yang perlu kamu ambil adalah menjadikan mereka sebagai motivasi terbesar untuk terus belajar. Untuk yang mencemooh, jangan dihiraukan justru hal tersebut bisa membuatmu kehilangan rasa malas. Yuk, semangat.

Selain hal-hal di atas, cobalah melakukan hal-hal berikut bagi kamu anak muda yang sedang mempersiapkan 2023 yang lebih baik:

1. Ikuti magang meskipun tidak dibayar (unpaid). Kamu paham, kan? Iya, untuk menjadi sukses kamu bisa memulai dari hal-hal yang kecil. Bekerja dengan tidak dibayar bukanlah masalah besar, kamu bisa belajar mengenal dunia kerja dari sana.

2. Jangan remehkan to do list dan goals. Mulailah manfaatkan memo yang ada di HP-mu dengan membuat daftar-daftar yang akan kamu lakukan dan yang telah berhasil kamu lakukan. Selain membuatmu lebih termanajemen dengan baik, kamu akan merasakan kepuasan tersendiri saat berhasil melakukan beberapa hal.

3. Selalu siap dengan risiko. Selain siap menghadapi tantangan, anak muda juga harus siap dengan resiko. Selalu ada trial error dalam perjalannmu.

4. Percaya pada kekuatan usaha dan doa. Maksimalkan usahamu dan selalu libatkan Tuhan di dalamnya. Tuhan tidak akan pernah membuatnya sia-sia. Dengan melibatkannya, apapun hasilnya kamu akan selalu merasa bersyukur.

Itu dia SoHip, ulasan tentang hal-hal yang bisa kamu persiapkan sebagai anak muda di tahun 2022 ini untuk menuju 2023 yang lebih baik. Mulai sekarang, carilah minatmu, fokus dan buat jadi lebih bermakna. Tunggu apa lagi? Mulai semuanya dari sekarang. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah seorang freelance writer. Mencari kesempatan belajar menulis di mana saja.

CLOSE