Kegagalan Bukanlah Akhir dari Segalanya, Melainkan Pemacu untuk Terus Berusaha

Teruntuk kamu yang berulang kali dihantam kegagalan, ketahuilah bahwa menyerah bukanlah sebuah pilihan~

Hey kamu! Iya kamu. Gimana kabarnya di awal tahun 2022 ini? Sudahkah kamu menemukan solusi dari kegagalan di tahun lalu? Iya kegagalan. Tentang bagaimana kamu berjuang untuk menggapai mimpi, namun dipatahkan oleh kenyataan. Keinginan yang kamu tuliskan di secarik kertas, ternyata tak mampu terealisasi. Tapi tak apa. Kegagalan itu bukanlah akhir dari segalanya.

Advertisement

Kegagalan bukanlah mesin waktu yang menghentikan langkahmu untuk selamanya. Tetapi, kegagalan hanyalah sebuah batu yang membuatmu terjatuh, kemudian kamu diharuskan untuk bangkit dan melanjutkan langkahmu dengan penuh hati-hati. Aku tahu seberapa kecewanya kamu dengan adanya kegagalan itu, mungkin kamu juga sempat memilih untuk menyerah. Tapi aku juga yakin bahwa kamu tidak ingin menyerah dengan nasib, maka dari itu kamu harus bangkit. Ya, satu kunci yang harus kamu pahami yaitu bangkit. Bangkit dari keterpurukan dan menjadikan kegagalan sebagai pembelajaran.


Sejatinya, kamu tidaklah sedang berada di akhir perjalanan, melainkan berada dalam tengah perjalanan, sehingga wajarlah jika banyak rintangan yang menghadang.


Sebelumnya, kamu sudah hebat. Perjuanganmu keren! Namun, memang untuk seorang pemenang yang tangguh harus ada upaya yang lebih dan sungguh-sungguh, terlebih untuk bangkit dari kegagalan. Saat kamu gagal, berarti itu memang cara terbaik dari Tuhan untuk memberikan kemenangan saat kamu benar-benar siap. Dengan kegagalan itu, Tuhan menguji kesabaran, keikhlasan, dan semangatmu. Hal itulah yang membuatmu menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Advertisement

Percayalah, bahwa tak ada kesuksesan yang instan, semuanya butuh perjuangan dan juga pengorbanan. Jadi, kamu tidak perlu takut untuk gagal, karena setiap orang memiliki jatah gagalnya masing-masing. Maka dari itu, habiskan masa gagalmu sekarang agar saat kamu sukses kelak bisa belajar juga dari kegagalan-kegagalan yang pernah dijumpai.


Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Namun, kegagalan terbesar adalah ketika kita tidak belajar dari kegagalan itu.


Advertisement

Kegagalan berguna untuk menghadirkan emosi jiwa yang belum pernah dirasa sebelumnya. Yaitu tentang rasa kecewa, sedih, duka, bahkan rasa yang dihadirkan oleh hati sebagai penawar dari rasa-rasa sakit itu. Jika kamu selalu berjumpa dengan kemenangan, kamu tak akan bisa belajar dari kekalahan. Kamu juga tak dapat merasakan rasa yang hadir ketika gagal, yaitu rasa yang membuatmu bangkit dan menjadi manusia yang lebih kuat.  


Meski jatuh berkali-kali, kamu harus bangkit dan terus berusaha tanpa putus asa. Karena masa depan cerah tidak untuk orang yang mudah menyerah. Tetaplah melangkah!


Terkadang, kamu memang harus melewati berbagai episode rintangan kehidupan, demi sebuah keberhasilan yang kamu dambakan. Dengan kegagalan, kamu akan menyelesaikan satu per satu episode yang menegangkan, sebelum akhirnya happy ending yang kamu dapatkan. Bersabarlah, bukankah semuanya memang butuh proses? Tuhan pun lebih tahu kapan kamu akan siap untuk menang. Jika sekarang kamu gagal, itu bukan berarti kamu belum pantas untuk berhasil. Hanya saja, kamu belum siap untuk mendapatkan keberhasilan itu. Maka dari itu, Tuhan menghadirkan kegagalan agar kamu siap akan segala sesuatunya, siap akan mental, ego, dan juga siap untuk menanggung amanah dan rintangan yang lebih berat lagi. Jika memang sekarang sudah waktunya kamu untuk berhasil, percayalah bahwa Tuhan tak akan menundanya. Tetap semangat, tetap optimis, dan jangan menyerah. Karena perjuangan yang kamu lakukan tidak akan pernah sia-sia jika kamu tidak menyerah.


Setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya. Jika semua orang selalu menang dan berhasil bersama-sama, maka sudah tak ada lagi yang namanya perjuangan. Dengan kegagalan, menjadikan kemenangan yang kamu dapatkan menjadi lebih spesial. Kenapa? Karena harus diiringi dengan perjuangan dan pengorbanan.


Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hanya seorang Hamba yang selalu ingin menebarkan manfaat.

CLOSE