Kejujuran dan Keberanian Menjadi Temanku dalam Menulis

Aku bukanlah seorang yang pandai dalam merangkai kata, bukan juga seorang yang pandai berkata-kata. Aku hanyalah seorang yang suka menulis untuk mengekspresikan kepedulianku terhadap hal-hal di sekelilingku. Jadi tulisan ini bukan tentang bagaimana menulis yang indah, tapi bagaimana aku menulis saat keindahan tak ada padaku.

Menulis Bukanlah Tentang Keindahan

Advertisement

Sebagai kaum awam menulis bukanlah hal yang mudah. Apalagi kalau membuat tulisan yang indah, yang disukai banyak orang. Tentunya itu sebuah mimpi, meski mimpi tapi bukan berarti mustahil lho.

Buat teman-teman yang baru belajar menulis seperti saya, mari berpikir bahwa menulis bukanlah tentang keindahan. Mengapa? Karena saat kita tidak berpikir tentang judul yang indah, isi tulisan yang indah, gambar yang indah maka apapun yang ada dalam pikiran kita dapat kita tuangkan kedalam tulisan yang asli dan nyata.

Tips dari saya saat menulis mari biasakan jujur akan apa yang kita pikirkan dan tulislah dengan kata-kata yang kita mengerti.

Advertisement

Menulis itu Tentang Kejujuran

Jujur berarti jujur terhadap diri sendiri. Maksudnya jangan sampai kita menulis sesuatu yang kita tidak kuasai. Selain menguras energi, kitapun juga tidak akan merasa puas dengan hasil tulisan kita.

Kejujuran sangatlah penting dalam berkarya salah satunya dalam menulis. Mari kita jujur terhadap apa yang aku tau, lebih lagi apa yang aku benar-benar kuasai. Tulisan yang jujur akan menjadi karya yang nyata dan asli, sehingga tulisan kita dapat bermanfaat bagi orang lain.

Advertisement

Menulis itu Perlu Keberanian

Bila ada satu hal yang paling penting dalam menulis itu adalah keberanian. Kenapa? Karena tanpa keberanian pikiran kita seperti terkekang sehingga sulit untuk berpikir dan berkreasi dengan bebas.

Keberanian membuat saya berani berpikir dan berkreasi dengan hal-hal baru. Saat saya tidak bisa menulis dengan indah, saya bisa menulis dengan konyol yang mejadi tulisan lucu. Saat saya tidak bisa membuat gambar gambar lucu, saya bisa mengekspresikan kegalauan saya menadi puisi yang bermakna.

Tulislah Ceritamu, Anganmu, Impianmu

Jika ada pengalaman yang menarik tulislah, bagikalah.

Jika kamu sedang memikirkan sesuatu tulislah, bila tak mau membagikan tulislah untukmu sendiri. Karena dengan menuliskannya akan membuat pikiranmu menjadi lebih lega.

Bila kamu punya mimpi tulislah. Karena bila menulisnya saja kamu tidak berani bagaimana kamu mengapainya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hobi menulis.

CLOSE