Surat Terbuka untuk Pengguna Media Sosial di Indonesia

Teruntuk kamu si pengguna media sosial. Sudahkah kamu menggunakan media sosial dengan bijak?

Kerap kali kita bertanya-tanya, apa sih yang sebenarnya orang cari di media sosial? Kenapa sih orang-orang suka sekali pansos (panjat sosial) di akun media sosial mereka? Kenapa sih orang-orang suka menyebarkan gosip tentang orang lain? Oke, itu memang hak mereka, tetapi kalau sudah terlalu mengganggu, sama saja mengganggu hak orang lain, bukan?

Advertisement

Banyak dari kita yang tak memahami konsep hedonisme. Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini sedang sakit, hedonisme dan konsumtif melanda di mana-mana. Teknologi terlalu memanjakan kita sehingga kita menutup mata. Sisi positifnya, orang Indonesia sekarang sopan di dunia nyata. Hobinya menunduk. Menunduk memandangi ponsel, maksudnya.

Banyak sekali orang-orang di luar sana yang berubah menjadi singa gurun di media sosial, tetapi di kehidupan nyata, mereka tak lebih dari kucing kecil. Kenapa? Apakah pandangan orang-orang di media sosial dan sorotan di sana besar? Apakah orang Indonesia tak lagi peduli pada kehidupan bermasyarakat hingga merasa tak perlu untuk sopan santun dan rukun sesama warga Indonesia?

Tidak semua hal harus kamu posting di media sosial. Tidak ada yang peduli dengan apa yang kamu makan. Tidak ada yang peduli dengan kendaraan apa kamu pergi hari ini. Sekalipun ada, mereka hanya ingin tahu dan menyumpah-serapah, menyesali kenapa hidup sedemikian tak adilnya.

Advertisement

Tak adil seperti apa? Hidup ini adil. Orang-orang yang disorot di media sosial seakan tak memiliki jalan untuk bergerak. Apa pun yang mereka katakan akan diikuti oleh banyak orang, padahal belum tentu kalimat yang mereka katakan kalimat terpuji.

Sebagian besar orang tak mengerti perbedaan 'dikagumi' dan 'dibenci'. Sudah tak terhitung berapa banyak orang di media sosial yang dihujat karena postingan mereka. Bila sudah seperti itu, kesehatan mental mereka yang akan kena akibatnya.

Advertisement

Salah siapa? Salah orang itu sendiri.

Buatlah konten positif di media sosialmu. Apa saja, tips dan trik, hal-hal inspiratif, motivasi, kesehatan dan lain-lain, jangan hanya seputar sensasi. Memangnya apa gunanya?

Cobalah untuk berubah dan jadilah contoh yang baik untuk orang lain. Jangan hanya ingin terkenal dan menghalalkan segala cara untuk terkenal. Cobalah mulai berubah dan manfaatkan sosial media untuk menjadi sarana yang bermanfaat bagi kita semua. 

Banyak kegunaan media sosial yang belum kita ketahui. Mari kita pelajari bersama-sama dan bersikap bijak dalam menggunakan media sosial.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mental health and psychology enthusiast. suka nonton anime, tidur, classical head.

CLOSE