Menurut kalian bahasa itu apa sih? Kita cari tahu dulu yuk pengertian bahasa.

PENGERTIAN BAHASA

Advertisement

Bahasa berasal dari bahasa sansekerta. Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki oleh manusia yang kegunaannya untuk berkomunikasi dengan individu lain dan mengekspresikan pikiran manusia, cara menyampaikannya seperti menggunakan perantara seperti kata atau simbol. Bahasa diekspresikan secara audio maupun visual.

DEFINISI BAHASA MENURUT KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (KBBI)

Definisi bahasa menurut KBBI adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik.

Advertisement

DEFINISI BAHASA MENURUT BEBERAPA AHLI

1.       Plato

Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut.

2.       Wittgenstein

Bahasa merupakan bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis.

3.       William A. Haviland

Bahasa adalah suatu sistem bunyi yang jika digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu.

FUNGSI BAHASA MENURUT NABABAN

Nababan mengungkapkan bahwa terdapat lima fungsi dasar dari bahasa yakni fungsi ekspresi, fungsi informasi, fungsi eksplorasi, fungsi persuasi, dan fungsi entertaiment.

KUTIPAN DARI PROF G.G WEIX PH.D, UNIVERSITY OF MONTANA, USA

“Pendidikan dan kemampuan berbahasa asing sangatlah penting dalam era globalisasi. Sebab, dengan itulah maka seseorang akan bisa beradaptasi dan eksis dalam perkembangan yang ada”, begitu dikatakan Prof G.G. Weix Ph.D dari University of Montana, USA, dalam perkuliahan tamu yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK).

"Seseorang akan bisa survive dalam kompetisi global, berkat pendidikannya. Selain itu, kemampuan berbahasa asing juga ikut menentukan, sehingga bahasa asing harus benar-benar dikuasasi," jelasnya.

Nah, itulah sedikit informasi definisi bahasa dan fungsinya serta kutipan dari para ahli. Sekarang kita lanjut yuk membahas alasan kemampuan berbahasa asing itu penting dalam dunia kerja.

PERUSAHAAN ASING DI INDONESIA

Di era global sekarang ini akan semakin banyak perkembangan yang terjadi. Dimulai dari perdagangan bebas, banyaknya perusahaan-perusahaan asing yang berdiri di indonesia sehingga penggunaan bahasa internasional sudah sangat tersebar luas, tentunya untuk kalian yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja maupun yang sedang bekerja sudah menjadi suatu keharusan untuk bisa menguasai bahasa asing bukan? Agar kalian dapat mengikuti perkembangan jaman nih. Karena itu, multi bahasa atau kemampuan berbahasa asing merupakan kebutuhan penting dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

KRITERIA WAJIB YANG HARUS DIMILIKI PELAMAR PEKERJAAN

Untuk bekerja di salah satu perusahaan asing maupun perusahaan yang lainnya, salah satu kriteria yang diminta yaitu mampu berbahasa asing, dikarenakan bahasa merupakan alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dalam dunia pekerjaan dan sosialisasi sehari-hari. Maka jika mampu setidaknya satu bahasa asing merupakan nilai tambah bagi para pelamar pekerjaan.

KARIER DI MASA DEPAN

Kemampuan berbahasa asing juga merupakan salah satu faktor yang membuat meningkatnya kemungkinan karier kalian akan terus menanjak. Mengapa begitu? Jika kalian mampu berbahasa asing dengan lancar, kalian kemungkinan bisa dipilih untuk mewakili perusahaan kalian dengan perusahaan asing yang akan bekerja sama dengan perusahaan tempat kalian bekerja.

INVESTOR ASING

Tidak asing lagi mendengar para investor asing yang banyak menginvestasikan uangnya di Indonesia. Bagi kalian yang memiliki passion atau cita-cita menjadi entrepreneur muda dan ingin memiliki usaha sendiri lalu membutuhkan investor maka bahasa asing adalah salah satu jembatan penghubung untuk kalian mencapai cita-cita itu. Dengan kalian mampu berbahasa asing atau bahasa lokal para investor, maka akan semakin mudah menarik minat mereka untuk menginvestasikan uangnya pada proyek kalian.

PENGARUH CHINA DALAM BISNIS

Pengaruh negara China yang sangat kuat, terutama di dalam dunia bisnis. Dikarenakan banyaknya orang China yang memulai usaha di Indonesia, maka jika kita bekerja sama dengan mereka lebih baik untuk dapat berkomunikasi langsung dengan mereka tanpa melalui perantara agar dapat mengurangi kesalahpahaman, juga membuat kalian memungkinkan untuk dijadikan orang kepercayaan untuk menyampaikan pesan yang ingin mereka sampaikan kepada karyawan yang tidak mengerti bahasa Mandarin seperti menjadi jembatan penghubung. Jika kalian ingin bekerja sama dengan mereka akan lebih besar peluang tercapainya.

PRODUK MADE IN CHINA

Sudah tidak asing lagi membaca barang-barang yang kalian miliki “made in China” bukan? Banyaknya produk-produk made in China yang beredar di seluruh negeri dan biasanya menggunakan bahasa Mandarin dalam penjelasan komposisi, cara pemakaian atau penggunaan, dan lain-lain.

INFORMASI DALAM BAHASA ASING

Di jaman yang serba digital ini biasanya kalian akan mencari informasi melalui gadget ataupun komputer kalian, bukan? Atau masih membaca buku petunjuk? Jika kalian tipe orang yang ingin serba praktis pastinya akan mencari informasi, berita, cara penggunaan, dan lain-lain menggunakan internet. Informasi-informasi yang ada di internet biasanya tertulis dalam bahasa asing. Oleh karena itu kalian pasti butuh bahasa asing.

BERMANFAAT UNTUK KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Last but not least, bahasa merupakan modal kalian untuk bersosialisasi, berbisnis, mendapat teman, klien, dan lain-lain. Bahasa juga merupakan kunci untuk kalian menggapai masa depan dan cita-cita yang kalian inginkan.

 

 

Penulis: Maria Eines Susanto

Mahasiswi London School of Public Relations

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya