Kesehatan Mental Demi Berjalannya Kehidupan

Kesehatan mental merupakan suatu hal yang menggambarkan keadaan emosi seseorang, dimana seseorang tersebut dapat mengendalikan emosi dalam dirinya. Untuk mengetahui lebih lanjut hendaknya kita bahas melalui artikel di bawah ini.

 Kesehatan mental merupakan suatu hal yang menggambarkan keadaan emosi seseorang, selain itu kesehatan mental juga dapat diartikan sebagai kempampuan seorang individu dalam menyesuaikan diri di lingkungan sosial. Nah setelah mengetahui apa arti dari kesehatan mental, seberapa penting sih menjaga kesehatan mental demi kehidupan?

Advertisement

 

Mari kita membahas lebih lanjut agar kita dapat memahami dengan jelas tentang pentingnya menjaga kesehatan mental. Mental yang sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan perkembangan seseorang. Hal itu sangat berkaitan karena mental yang sehat sangat mempengaruhi suasana hati dan pikiran seseorang. Kesehatan mental juga sangat berpengaruh terhadap kualitas diri seseorang, karena jika terdapat gangguan mental hal itu akan menyebabkan penurunan kesehatan tubuh atau fisik.

 

Advertisement

Beberapa masyarakat sering mengangap sebelah mata terhadap kesehatan mental seseorang. Misalnya terdapat seseorang yang bercerita bahwa ia sangat lelah karena ia melalui hari yang berat lalu ada orang lain yang menanggapinya dengan kata – kata baru segitu udah capek? atau bahkan orang tersebut malah membandingkan dengan dirinya sendiri. Hal itu dapat membuat beberapa orang lebih memilih untuk memendam masalahnya sendiri, tidak ingin membaginya dengan orang sekitar karena takut dan kecewa akan mendapatkan respon yang seperti itu.

 

Advertisement

Kasus lain yang sering terjadi diantaranya saat seseorang memutuskan untuk memeriksakan diri ke psikolog, tetapi banyak orang yang memandang sebelah mata kepada orang yang pergi ke psikolog. Karena mereka berfikir orang yang pergi ke psikolog maupun psikiater itu merupakan sebuah aib. Banyak juga yang berfikir bahwa orang yang pergi ke psikolog adalah orang yang gila. Maka dari itu banyak orang yang tidak ingin pergi ke psikolog karena takut akan tanggapan orang di sekitarnya, oleh sebab itu banyak orang yang denial dengan perasaannya sendiri. Mereka selalu meyakinkan bahwa dirinya baik – baik saja, padahal ia memiliki beban dan tekanan yang berat dalam hidupnya.

 

Terdapat hal yang perlu di normalisasi salah satunya yaitu, menganggap bawa laki-laki menangis itu merupakan hal yang wajar. Saya menyebutkan hal ini dikarenakan banyak yang merasa aneh saat melihat seorang laki-laki menangis, padahal laki-laki juga manusia biasa yang memiliki perasaan. Jadi wajar jika laki-laki menangis maupun berkeluh kesah, mungkin saja dengan menangis beban yang ditanggung akan berkurang dan mereka merasa lebih tenang.

 

Kenapa sih kok gangguan pada mental sering terjadi, apakah ada penyebabnya? Tentu saja, terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan gangguan mental diantaranya ia merasa dikucilkan dengan orang – orang disekitarnya, berada di lingkungan yang kurang supportif, tidak memiliki tempat untuk bersandar dan berbagi cerita sehingga ia merasa sendirian dan tidak ada yang memperhatikannya.

 

Lalu apa saja sih yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental? Nah demi menjaga kesehatan mental kita dapat melakukan berbaga hal misalnya, tidak mencari tau halhal yang seharusnya tidak perlu kita cari, hal ini dapat membuat mental menjadi lebih stabil. Bayangkan jika kita tetap memaksa untuk mencari hal yang seharusnya tidak perlu diketahui, bukankah hal itu akan menjadi beban untuk diri kita sendiri? Selain itu jangan memendam emosi terlalu dalam karena hal itu dapat membuat diri kita semakin tertekan, dan dari dua hal yang sudah disebutkan terdapat hal paling utama untuk menjaga kesehatan mental yaitu belajar untuk memahami dan menghargai segala sesuatu yang ada pada diri sendiri.

 

Kesehatan mental pada setiap orang itu berbeda. Kita tidak dapat membandingkanya apalagi membandingkan dengan diri kita sendiri. Kita tidak boleh sembarangan dalam menjudge seseorang karena kita tidak mengetahui kondisi mental setiap orang tersebut. Kita harus sadar dan paham jika kesehatan mental itu merupakan masalah yang serius, kita tidak dapat menganggap remeh akan hal itu. Meskipun kita tidak dapat mengetahui kondisi mental setiap orang setidaknya kita dapat belajar lebih peduli dengan lingkungan dan orang-orang disekitar kita.

 

Kalian sudah pahamkan dengan pentingnya menjaga kesehatan mental, oleh karena itu kita harus tetap hidup dan mewujudkan hal yang kita impikan. Banyak hal yang harus kita coba dan lakukan pada masa yang akan datang. Terima kasih untuk kalian yang sudah bertahan sampai hari ini, esok dan seterusnya. Tetap bertahan ya karena setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya.

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE