Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa Ibu di zaman yang serba modern ini. Kemampuan berbahasa Inggris anak-anak Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Persaingan di dunia ini mengakibatkan sumber daya manusia berlomba-lomba untuk mempelajari Bahasa Inggris.

Mengingat bahasa Inggris adalah bahasa International atau bahasa orang sedunia. Maka sangat penting sekali untuk bisa berbahasa tersebut. Di dalam bahasa Inggris terdapat beberapa bagian keterampilan, mulai dari speaking, reading, listening, structure or grammar etc. Nah, dari keempat skill atau kemampuan di atas semuanya adalah bagian terpenting dalam pembelajaran.

Advertisement

Diketahui bahwa dalam bahasa Inggris ada dua tes yang sudah familiar, yaitu test TOEFL (Test of English Foreign Language) yang biasanya menjadi persyaratan kelulusan untuk S1 dan IELTS (International English Language Testing System) yang biasanya digunakan untuk mendaftarkan beasiswa ke luar negeri.

Dalam TOEFL ada 3 bagian yaitu: Reading, Structure and Listening.
Sedangkan di IELTS hanya mempunyai sedikit perbedaan dengan TOEFL yaitu terdiri dari: Reading, Writing, Listening, dan Speaking.

Nah, masalah yang umumnya terjadi adalah pada speaking atau kemampuan berbicara dengan bahasa Inggris. Perlu diingat belajar bahasa Inggris yang paling penting adalah praktik. Speaking merupakan bagian terpenting dalam bahasa Inggris karena ketika orang lain mengetahui kemampuan yang kita miliki dalam bahasa inggris adalah kemampuan berbicara atau speaking kita.

Advertisement

Tetapi, masalah yang sering muncul adalah tidak sedikit pelajar sulit untuk berbicara bahasa Inggris, banyak alasan dari permasalahan tersebut. Masalah yang paling sering terjadi yaitu pelajar sering kali tidak lancar dalam berbicara bahasa Inggris, yah itu karena kurang kebiasaan untuk ngomong bahasa Inggris, yang kedua pelajar sering kali kelihatan mikir terlebih dahulu apa yang akan dibicarakan, yang ketiga adalah kurangnya vocabulary yang dimiliki.

Dari permasalahan-permasalahan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa praktik adalah hal yang terpenting dalam speaking. Terbiasa berbicara bahasa Inggris akan membantu banyak permasalahan dalam speaking. English area atau kawasan wajib berbahasa Inggris adalah cara yang cukup ampuh untuk melatih kemampuan speaking.

Ketika kendala berbicara ada pada kosa kata atau vocabulary, ada satu cara yang mungkin bisa membantu yaitu buku saku kecil yang sekiranya bisa dan mudah untuk dibawa kemanapun, di dalam buku kecil tersebut nantinya pelajar akan mencatat beberapa vocabulary sembari dihafalkan.

Ketika sedang berlatih berbahasa Inggris, jangan berpikir tentang susunan kata (grammar) terlebih dahulu. Berbicara saja apapun yang ingin dibicarakan meskipun grammarnya mungkin tidak tertata, karena nanti ketika sudah lancar berbicara baru nanti menata kebenaran susunan katanya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya