Katanya hidup berawal dari mimpi, bukan hidup namanya jika kita tidak mempunyai mimpi. Mimpi adalah suatu keinginan terbesar yang harus kita perjuangkan dalam hidup kita. Semua orang pasti memiliki mimpi nya sendiri, namun tidak semua orang berjuang untuk mimpinya tersebut.

Ada yang terus melangkah walaupun sempat kalah, ada yang berhenti karena kegagalan menghampiri, ada yang dengan tekun agar mimpinya bisa di genggam dan ada yang menyerah saat peluh nya terbalas gundah.

Memang, tidak semua yang berjuang akan mendapatkan apa yang diinginkannya. Namun, jika yang berjuang saja bisa gagal, lalu apa yang akan terjadi dengan yang hanya diam di tempat? Tentu kamu sudah bisa membayangkannya. Saat usaha, doa, keringat dan tenaga malah berbalas tuba, jangan dulu menghakimi dunia karena ketidakadilannya.

Advertisement

Mimpi kita tidak hanya satu bukan? Apalagi jalan untuk meraihnya. Tidak selalu lurus ke depan, boleh jadi ada jalan lain di samping kanan, atau mungkin alternatif belok kiri lebih menguntungkan. Intinya, masih banyak jalan untuk meraih impian.

#Bertepuksebelahtangan dalam impian bukanlah akhir dari sebuah kehidupan, jika memang kita berusaha dengan giat maka Allah pun sudah merencanakan kebahagiaan yang memikat. Gagal itu wajar, menyerah karena kegagalan itu hanya dilakukan oleh seorang pecundang kurang ajar.

Tiada sukses tanpa proses, kawan. Jika kamu ingin bersatu dengan mimpimu, maka perjuangkan dia sekuat dan semampumu. Jikapun ada yang tak bisa kamu raih, masih banyak mimpi yang meminta untuk di perjuangkan. Tugasmu hanya berjuang dan berdoa, dan kata menyerah sama sekali tidak ada dalam kamus perjuangan.

Gantungkan mimpimu sebanyak mungkin, ukir jalan yang bisa kamu lalui untuk meraihnya, tuangkan ide mu untuk mencari berbagai alternatif antisipasi dari kegagalan, dan jangan lupa sertakan yang Maha Kuasa dalam setiap perbuatan. Tak lupa, kantongi doa restu dari orang tua sebagai pendukung perjuanganmu.

Advertisement

Dan satu hal yang perlu kamu ingat, ketika satu mimpi tak dapat kamu raih, mungkin perjuanganmu belum cukup gigih. Jika memang dia tak dapat kamu genggam, jangan kamu hapus semua angan. Merugilah bagi orang-orang yang menyerah dengan keadaan, padahal Allah hanya ingin melihat perjuangannya lebih dalam.

Sejauh ini aku masih baik-baik saja, dengan berbagai mimpi yang #bertepuksebelahtangan. Bagiku, yang hilang harus digantikan dengan perencanaan yang matang, jalanku bukan hanya di mimpi itu, Allah sudah merencanakan takdir terbaiknya. Semangat dan berjuang tanpa batas karena hidup mengijinkan kita bermimpi dengan bebas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya