#DiIndonesiaAja-Keunikan Fenomena Alam ini Hanya Ada Dua di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!

Fenomena alam yang unik

Keunikan dan keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia selalu berhasil membuat siapa saja terkagum haru. Indonesia menyediakan paket komplit wisata alam yang super duper indah dan membuat kita ketagihan untuk liburan terus. Salah satunya ialah fenomena alam "api biru" atau lebih sering dikenal dengan "blue fire" yang terletak di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur.

Advertisement

Fenomena unik yang juga terjadi di Islandia ini tentu telah memikat banyak pecinta alam baik yang berasal dari domestik maupun mancanegara untuk menyaksikan keindahannya secara langsung. Menurut Kepala Resort Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen, Sigit Hari Wibowo pada tahun lalu mengungkapkan bahwa sekitar 150-200 wisatawan mancanegara dan 250-500 wisatawan domestik mengunjungi Kawah Ijen tiap harinya. Sigit juga mengatakan bahwa jumlah pengunjung Kawah Ijen ini cenderung mengalami kenaikan tiap harinya.

Pesona kobaran api biru ini hanya dapat dilihat saat hari sedang petang. Biasanya blue fire akan terlihat sejak malam datang hingga sekitar pukul 04.00 WIB. Namun jika beruntung, maka kamu masih bisa menyaksikan bagaimana kerennya blue fire pada pukul 05.00 WIB, meskipun kobaran apinya sudah mulai padam. Untuk bisa ikut menikmati fenomena alam ini, biasanya pengunjung mulai melakukan hiking pada pukul 01.00 dini hari, karena estimasi pendakian hingga puncak gunung Ijen biasanya memakan waktu sekitar tiga jam.

Medan perjalanan yang cukup menantang namun indah juga harus dilalui untuk dapat menikmati keindahan blue fire. Hal ini dikarenakan selain kita harus melakukan pendakian hingga ketinggian 2.368 mdpl, kita juga perlu menuruni jalan bebatuan dan pasir yang tidak teratur dan sangat curam.

Advertisement

Medan jalanan tersebut dilalui pada malam hari dengan lampu penerangan yang terbatas, maka tentu membutuhkan stamina dan energi yang ekstra. Selain itu juga, di mana Gunung Ijen ini juga telah menjadi pertambangan alami belerang maka dari itu sangat disarankan untuk membawa masker gas jika ingin menikmati blue fire. Pekatnya asap yang beraroma belerang tentu akan membuat tenggorokan dan pernapasan kita terganggu ketika melalui turunan curam di atas. 

Meskipun begitu, pesona keindahan blue fire yang dimiliki Gunung Ijen wajib masuk daftar detinasi kamu untuk liburan nantinya. Selain keunikannya, jalur pendakiannya hingga menemui blue fire tentu akan meninggalkan kesan indah bagi siapapun yang melaluinya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE