Ayat merupakan salah satu ayat di dalam al quran yang memiliki keutamaan yang besar, ayat ini memberitahu kita akan kuasa Allah Ta'ala kepada seluruh makkhluknya yang ada di langit dan di bumi serta diantara keduanya. Dan pada kali ini mari kita pelajari sedikit tentang apa saja keutamaan ayat kursi ini.

Ayat Kursi Dan Keutamaannya

Advertisement

Kali ini kita akan membasah 4 keutamaan ayat kursi yang sering kita dengar dan kita baca. Berikut ini uraiannya.

1. Ayat Yang Menjadi Salah Satu Sebab Kita Masuk Surga

Salah satu hadits yang menunjukan akan hal ini adalah sebuah haadits yang diriwayatkan oleh an-nasa'i, berikut ini arti hadits tersebut.

Advertisement

Artinya : Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, " Siapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai dari shalat, maka tiada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian" (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Dari hadits diatas sudah sangat jelas bahwasannya seseorang itu tidak akan terhalang untuk masuk surga apabila membaca ayat ini. Alangkah bahagianya jika kita selalu diberi kesempatan untuk selalu membaca ayat mulia ini setiap harinya.

2. Bacaan Dzikir Untuk Perlindungan Dari Gangguan Jin Dan Setan

Bacaan yang ringan untuk diucapkan ini memiliki salah satu keutamaan dahsyat yaitu dapat membentengi seseorang dari gangguan jin dan syaiton yanh hendak menggangu kita, tentunya perlindungan itu bukan berasal dari ayat ini melainkan Allah Azza Wa Jalla lah yang menjaga kita melalui ayat ini. Dalam sebuah hadits riwayat bukhari di jelaskan yang artinya.

" Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Apabila kamu mendatangi tempat tidur (di waktu malam hari), bacalah Ayat ini (ayat Kursi), niscaya Allah akan selalu menjaga engkau dan setan tidak akan mendekati engkau hingga waktu pagi tiba" (HR. Al-Bukhari).

Selain itu juga kita bisa membaca ayat kursi ini dalam dzikir pagi dan petang karena ayat ini merupakan salah satu bacaan di waktu dzikir pagi dan sore hari.

3. Ayat Kursi Merupakan Ayat Yang Lebih Agung Dari Langit Dan Bumi.

Kenapa ayat ini lebih agung dari pada langit dan bumi, padahal kalimatnya sedikit sekali ?

Jangan pernah sekali kali meremehkan perkataan Allah Azza Wa Jalla melalui kitab Al Quran. Karena Al-Quran merupakan petunjuk yang tidak ada keragu-raguan didalamnya (al-baqarah :2).

Dari point ke 3 ini ada salah satu hadits yang menyebutkan penyebeb ayat ini lebih agung dari pada langit dan bumi yang merupakan ciptaan Alllah. Berikut ini artinya.

" Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)"

Sufyan ats-Tsauri berkata, "Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah (perkataan Allah) itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi" (HR. At-Tirmidzi)

Dari hadits diatas sudah sangat jelas bahwasannya ayat ini merupakan ayat yang agung sekali.

4. Ayat Yang Agung

Ayat kursi merupakan ayat yang agung seperti penjelasan pada point ke 3 di atas, namun ada sebuah hadits yang menguatkan hal tersebut, yakni perkataan Ubay Bin Ka'ab Saat di tanya oleh Rosullullah Shallalahu'alaihi wa sallam berikut ini.

Rosullullah Shallallahu'alai wa sallam bertanya kepada ubay bin ka'ab ; " Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?" Ubay bin ka'ab menjawab, "Ayat kursi." Maka Rosullullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay lalu berkata, "Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki." (HR. Muslim).

Subhanallah, sangat indah islam itu teman teman semuanya karena setiap syariat yang terdapat di dalamnya memiliki keutamaan yang tidak bisa manusia itu bayangkan.

Sebenarnya masih banyak keutamaan keutamaan yang terdapat pada ayat kursi ini, namun 4 point di atas sudah bisa kita ambil sebagai penyemangat kita menggapai ridhonya Allah Azza Wa Jalla.

Semoga tulisan singkat ini bisa membuat semangat kita bertambah untuk terus belajar menimba ilmu agama tanpa kenal lelah dan putus asa. Dan semoga kita juga di istiqomahkan dalam hal ini. Amiin

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya