Diecast di Indonesia

Dari bapak ke anak, hobi mereka tetap sama yaitu mainan. Anak-anak, remaja hingga dewasa tertarik dengan sebuah mainan yang mereka sebut “diecast” atau mobil-mobilan, apa yang membuat mereka tertarik dengan diecast? Mari kita lihat.

Advertisement

Buat yang tidak tahu apa itu diecast, diecast adalah mainanan mobil-mobilan yang terbuat dari plastik dan logam. Diecast telah ada sejak awal tahun 1900s. Pada masa awal-awalnya diecast tersebut dibuat oleh ZAMAK (Zink, Alumunium, Magnesium, and Copper). Pada tahun 1953, salah satu diecast yang terkenal sekarang yaitu “Matchbox” lahir dan para masyarakat pun menyukai dengan cara mereka menjual produk mereka dalam sebuah kotak korek api. Sekarang “Matchbox” dimiliki oleh perusahaan Mattel.

Pada tahun 1968 Mattel mengeluarkan Hot Wheels, sebuah mainan mobil-mobilan yang menjadi pensaingnya Matchbox. Mattel tersebut mengeluarkan hot wheels untuk menghadapai mengenai laki-laki tidak mempunyai mainan, hot wheels cepat menjadi terkenal di seluruh A.S karena popularitas hot wheels tersebut, Matchbox mempunyai Penyaing yang kuat.

Apa manfaat diecast bagi masyarakat? Dalam sebuah wawancara yang telah dilakukan dengan penggemar diecast, ia bilang bahwa pada usia kecilnya karena tidak ada akses untuk membeli atau melihat mobil tersebut di jalanan, diecast adalah salah satu cara untuk melihatnya.

Advertisement

Kalian tahu bahwa tidak semua mainan mobil-mobilan dapat termasuk dalam kategori diecast? Mau tahu apa saja yang termasuk dengan katgori diecast, ayo mari lihat. Yang dapat termasuk dalam kategori Diecast adalah, bila mainan mobil miniatur mempunyai bagian-bagian yang mayoritasnya terbuat oleh besi, setelah itu mobil tersebut dibuat hampir sama dengan mobil aslinya mulai dari interiornya hingga eksterior luarnya, dan mereka terdapat banyak bagian yang bisa terbuka contohnya seperti kaca, pintu, bagasi, dan lain-lain. Jadi jika mereka tidak mempunyai ciri-ciri seperti itu, mereka tidak termasuk dalam bagian diecast.

Tetapi diecast tidak hanya terbatas dengan mobil-mobilan ataupun minatur motor. Pesawat, Robot, kereta, perahu, “Action Figure” mereka juga termasuk dalam kategori diecast. Kalian kalau mau beli diecast dimana tempatnya? Diecast dapat diperoleh terutama di toko mainan yang tersebar di kota seperti di “Kidz Station”, “Toys City” dan yang lain-lain. Tetapi karena ada beberapa Diecast yang susah diperoleh banyak yang dari penggemar memperoleh mereka tersebut dengan cara online.

Apa yang membuat para penggemar menjadi tertarik dan membuat mereka termotivasi untuk membeli dan koleksi mereka tersebut? Alasan yang diberikan itu karena harga diecast tersebut sangat terjangkau, dan karena mereka menyukai mobil-mobilan tersebut dan mereka sangat menyukai beberapa merek dan karena itu mereka bertekad untuk mengkoleksi dari awal hingga akhir pembuatan.

Apa yang membuat masyarakat tertarik dengan diecast secara general? Seperti di paragraf sebelumnya harga mereka sangat terjangkau diecast yang berukuran 1:64 murah bagi masyarakat, dan bagi anak-anak dari usia yang kecil mereka telah diberikan mainan tersebut dari orang tuanya karena itu mereka menjadi tertarik dengan mainan tersebut. Diecast tersebut sekarang pembuatannya menjadi bagus dan lebih tahan lama dari pencetakan hingga cet mobil tersebut.

Setiap tahun di Indonesia mereka menadakan sebuah acara yang berdedikasi dengan diecast, mereka bernama Diecast Indonesia Expo. Di situ mereka adlah sebuah komunitas yang besar dimana para penggemar dapat berbicara mengenai diecast, dan menjual ataupun menjual mainan tersebut.

Siapa tahu mengkoleksi mainan mobil-mobilan atau yang disebut diecast adalah sesuatu yang menyenangkan? Mereka pun mempunyai komunitas tak hanya di Indonesia dan mereka mempunyai berbagai acara, jadi bagaimana kalian tertarik?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya