Kunci Kesehatan yang Sering Dilupakan: Bukan Cuma Jaga Makanan tapi Juga Pola Hidup

pola hidup kunci kesehatan

Generasi zaman sekarang memiliki banyak cara dan gaya hidup yang sehat menurut mereka. Disamping itu metode dan penerapannya yang diperoleh dari berbagai sumber terpercaya sangat mendukung gaya hidup sehat yang diidamkan. Meskipun potensi timbulnya berbagai penyakit juga semakin tinggi, semua telah diimbangi dengan munculnya berbagai produk kesehatan dan tips seputar pola hidup sehat. Berbagai literatur bahkan hasil diskusi dengan pakar kesehatan membuahkan pengetahuan yang lebih luas. 

Advertisement

Sejak bangun tidur hingga ketika tidur pun semua terselip anjuran terbaik untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Namun disamping asupan makanan dan pola keseharian yang juga harus diperhatikan, ternyata ada kunci kesehatan yang masih banyak dilupakan oleh sebagian orang lho.

Tak hanya masyarakat kalangan biasa yang kurang peduli terhadap hal ini, bahkan tokoh besar dunia serta publik figur ada yang terjebak pada masalah hingga melupakan satu kunci yang sangat berperan untuk kesehatan mereka.

Tidak main-main, apabila kunci kesehatan ini dikelola dengan baik, maka akan sangat berpengaruh untuk kesehatan jangka panjang. Ialah pengelolaan hati. Bukan untuk selalu bahagia tanpa masalah, namun untuk siap dan kuat menghadapi situasi tanpa mudah menyerah. Tidak semata berpura-pura tertawa, namun bagaimana untuk menata senyum di antara luka-luka yang tak pernah ditanya.

Advertisement

Mengelola hati bukan berarti sabar tiada henti, namun lebih pada mengerti seberapakah porsi do'a dan perjuangan harus dibagi. Bukan tidak pernah menangis karena situasi, namun dapat segera menyeka perih untuk bangkit lagi. Mengelola hati bukan berarti menutup diri sama sekali, namun lebih pada mengisi cerita untuk berbagi hanya pada mereka yang bijak dalam solusi.


Tidak melulu bersikap diam dan membiarkan persoalan lewat begitu saja, namun mengarah pada tenang yang tetap berimbang dengan penyelesaian nyata. 


Advertisement

Hati, pikiran, dan tubuh kita saling berkaitan. Sepatutnya mereka saling bekerja agar tecipta sinergi yang positif. Banyak yang menjaga segala apa yang dikonsumsi, berhati-hati pada setiap tindakan, namun selalu dihantui rasa cemas dan kekhawatiran hingga muncullah penyakit yang justru tak pernah diduga-duga. 

Jagalah kesehatan melalui apa yang kita makan, apa yang kita kerjakan dan apa yang kita pikirkan. Bahagialah secukupnya, bersusahlah secukupnya dan milikilah hati yang kuat lebih dari yang orang kira terhadap kita.

Keadaan tidak pernah lebih berat daripada ketakutan kita sendiri. Kegelisahanlah yang sering kali membuat semuanya semakin rumit. Lalu muncullah sakit kepala yang dibuntuti sakit-sakit lainnya. 

Pahamilah diri kita sendiri, kelola dan posisikan hati untuk tetap dalam kondisi stabil dan tidak down. Hidup tidak harus sempurna, hidup hanya harus berjalan sebagaimana mestinya :)

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE