Bagi kebanyakan yang sedang magang, kepingin banget bisa langsung direkrut jadi tim full-time saat setelah selesai nanti. Gimana rasanya? Mulai mikir gimana caranya ya gue bisa pake ilmu yang pernah gue pelajarin waktu sekolah di tempat kerja, kan? Bukan cuman bikin hati senang tapi kan bisa buat orangtua bangga, kan! Nggak sia-sia udah nyekolahin lo dan bisa menjadikan lo seorang pribadi yang mandiri!

Kan susah, kak? Gue nggak bilang gampang kok! Ada hal-hal yang menurut gue penting banget diperhatiin pas jadi anak magang di kantor dan membantu lo menjadi full time!

Advertisement

Datang pagi!

Yah kak, masa suruh gue datang pagi barengan sama yang jaga kantor?

Bukan gitu maksud gue. Tahu dulu jam masuk kantor jam berapa. Cuma set alarm HP lo untuk bikin bangun paling nggak 1-2 jam. Jangan baru mandi 30 menit sebelum jam masuk kerja!

Advertisement

Kenapa gue ada di kubu datang pagi? Kalau lo punya waktu 30-40 menit untuk baca catatan lo di hari sebelumnya plus punya waktu untuk browsing berita-berita berfaedah (harapannya gue sih lo nggak sibuk kepo Insta-stories temen-temen lo yaa) biar waktu nanti jam waktu kantor lo udah siap.

Enak nggak tuh pas atasan lo datang, lo udah punya beberapa hal yang bisa di follow up ke dia. Ini kasih kesan emang lo udah sigap banget!

Tahu mau belajar apa
Tahu kan maksudnya kenapa lo magang? Bukan untuk cari uang tambahan atau mengisi waktu liburan yang kosong aja. Hal yang penting adalah belajar! Sebelum lo mulai magang tanya sama diri lo sendiri,

"Selama gw magang gw mau belajar apa?"

Ini penting banget karena lo jadinya tahu kegiatan apa saja yang mau dilakukan tiap hari. Bukan duduk nunggu kerjaan dari atasan! Lo jadi bisa lebih aktif tahu hal apa saja yang mau ditanyaiin ke atasan lo dan explore pekerjaan yang mau lo lakukan untuk bisa reach objektif itu.

Berani bikin salah
Gunanya magang adalah belajar tapi hal yang penting adalah bisa buat kesalahan. Jangan takut! Tempat lo bekerja milih lo untuk jadi seorang anak magang bukan semata-mata untuk bantuiin kerjaan administrasi.

Terpilihnya lo karena mereka percaya adanya benih (cie!) bahwa lo bisa bagus dan berkembang. Untuk bisa berkembang ya harus berani bikin salah agar bisa diperbaiki.

Memang tidak ada yang sempurna tapi lo selalu punya alasan untuk memperbaiki diri saat setelah membuat kesalahan. Jangan takut tanya ke atasan lo kenapa pekerjaan yang lo lakukan itu salah.

Catat semua
Pas magang make sure lo punya satu buku catatan untuk take down every single things yang terjadi. Maksud gue, buku ini lo pakai untuk nulis things to do, doodling lo saat mau brainstorming sebuah ide, atau refleksi untuk nulis uneg-uneg selama magang.

Tiap minggu coba deh baca buku catatannya untuk tahu catatan apa aja yang sudah lo buat. Percaya deh, banyak banget yang bisa dipelajari dan tahu apa aja yang harus di-improve.

Simpel kan kalau mau jadi full time di tempat bekerja habis lo magang? Intinya, disiplin dan percaya dengan kemampuan kita. Saat lo bisa buktiin kalau lo bisa dipercaya dan dikasih tanggung jawab, percaya lah tawaran itu tak akan kemana-mana!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya