Anak Mau Homeschooling? Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Pendidikan anak tentu penting buat masa depannya

Homeschooling adalah salah satu metode pendidikan yang banyak digunakan oleh orang-orang kaya guna mendapatkan pendidikan tanpa harus pergi ke sekolah.

Advertisement

Jika Anda berniat untuk menerapkan homeschooling untuk anak Anda, maka ada baiknya untuk mengetahui dulu tentang apa itu homeschooling serta kelebihan dan kekurangannya.

Sekolah mandiri atau homeschooling merupakan suatu metode pendidikan alternatif selain sekolah formal, yang mana proses pembelajaran hanya dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke sekolah. Orang tua juga bisa menentukan sistem pengajaran yang sesuai dengan bakat dan minat si anak.

Di Indonesia sendiri, metode pendidikan seperti ini bersifat legal dan sudah diatur dalam undang-undang. Metode homeschooling juga sudah banyak dilakukan oleh orang-orang kaya seperti para artis dan para bangsawan.

Advertisement

Setelah mengetahui tentang apa itu homeschooling, lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari metode pendidikan yang satu ini? Mari simak pembahasan kelebihan dan kekurangan homeschooling di bawah ini.

Kelebihan Homeschooling

Advertisement

Setiap perbedaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah 4 kelebihan homeschooling.

1. Orang tua dan anak dapat menentukan jadwal waktu pembelajaran serta durasi belajar. Dengan fleksibelnya metode ini, tentu saja akan mempermudah orang tua dan anak yang memiliki waktu padat.

2. Orang tua dan anak dapat menentukan sistem pembelajaran yang paling sesuai dengan bakat dan minat anak. Dengan begitu, diharapkan anak mampu menggali bakat dan minatnya lebih optimal.

3. Orang tua dapat memantau perkembangan belajar anak dan dapat membatasi pergaulan yang dirasa kurang baik.

4. Kelebihan selanjutnya dari metode homeschooling adalah anak akan terhindar dari kasus pembulian yang kini marak terjadi bahkan samapai membuat anak menjadi depresi.

Kekurangan Homeschooling

Terlepas dari segala kelebihan yang dimiliki oleh metode ini, kita juga harus memahami beberapa kekurangan yang dimiliki oleh metode homeschooling.

1. Seorang anak yang belajar secara homeschooling pada umumnya akan memiliki khidupan sosial yang lebih individualis. Mereka akan sulit melakukan interaksi dengan orang lain yang baru ditemuinya.

2. Meskipun homeschooling adalah metode pendidikan yang legal di Indonesia, namun belum ada standarisasi kurikulum.

3. Motivasi anak untuk mau rajin belajar akan lebih rendah dibandingkan anak yang belajar di sekolah formal. Hal ini dikarenakan tidak adanya persaingan layaknya sekolah formal yang memiliki manfaat untuk melatih jiwa kompetitif anak.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan metode pendidikan homeschooling, semoga bermanfaat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pengen jadi penulis

CLOSE