#Lebaran Tanpa Baju Baru : Langkah Sederhana Untuk Mengurangi Sampah Pakaian dan Membuat Tampilan Kece di Hari Raya

Langkah Sederhana Tersebut Bisa di Mulai Dari Kamu

Di Indonesia, ketika memasuki bulan puasa dan lebaran, animo masyarakat untuk berbelanja biasanya meningkat. Tidak hanya tentang makanan tetapi juga pakaian yang akan digunakan ketika lebaran. Di sisi lain ternyata peningkatan daya beli masyarakat yang sebenarnya baik untuk bidang ekonomi dan industri tekstil berbanding. Sebaliknya, bisa saja berdampak negatif terhadap kelestarian lingkungan dan alam. Mengutip laporan dari  parapuan.co menyatakan kebangkitan industri fashion seperti pedang bermata dua karena banyaknya pakaian yang menjadi sampah di tempat pembuangan akhir sampah yang kemudian sulit di daur ulang. Dengan demikian untuk meminimalisasi sampah pakaian tersebut salah satunya solusinya tentu bisa dimulai dari diri kita sendiri seperti membangun kesadaran untuk membeli pakaian dan membuang pakaian dengan bijak. Untuk itu di momen idul fitri yang biasanya diwarnai dengan animo belanja bisa diubah dengan mendaur ulang pakaian lama atau bekas sehingga bisa mengurangi sampah pakaian dan tetap bisa tampil kece di hari raya. Adapun langkah sederhananya, sebagai berikut.

Advertisement

Mencari Referensi atau Ide

Langkah pertama ini sebenarnya bukan langkah mutlak. Jika sohip hipwee berencana ingin mendaur ulang pakaian bekas atau lama saya menyarankan untuk mencari referensi terlebih dahulu sehingga sudah bisa mengimajinasikan pakaian yang diinginkan. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, ide tersebut bisa saja kita cari di media elektronik maupun online.

Memikirkan Mode Pakaian

Advertisement

Setelah kamu mencari referensi, hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memikirkan mode pakaian. Apakah pakaian akan dibuat menjadi tunic, kemeja, outer dan lainnya. Oh iya pada tahapan ini jangan kebanyakan mikir ya, karena takutnya nanti malah gak jadi-jadi. Jadi kalau sudah selesai mikir langsung di eksekusi saja dengan langkah-langkah selanjutnya !

Memilih Pakaian yang Hendak di Daur Ulang  

Advertisement

Setelah mengetahui ide untuk mendaur ulang pakaian lama atau bekas tersebut, sudah saatnya untuk memilih dan memilah pakaian lama atau bekas yang hendak di daur ulang. Sehingga apabila kita membuat meodifikasinya dengan penuh rencana bisa mengurangi sampah pakaian yang tidak terduga.

Menambahkan Aksesoris

Supaya pakaian lamamu tidak terlihat kaku. Sohip hipwee bisa menambahkan aksesoris dipakaian sehingga kesan barunya bisa muncul. Aksesoris yang kamu gunakan nantinya juga akan membuat pakaian tampak lebih bagus dari sebelumnya.

Mengkombinasikan Warna

Buat kamu yang menyukai warna-warna cerah. Sohip hipwee juga sangat bisa lo mengkombinasikan beberapa warna. Seperti bagian atas kuning dan bagian bawah hijau. Perpaduan warna tentunya akan membuat pakaianmu menjadi semakin unik.

Nah itu dia beberapa langkah untuk mendaur ulang pakaian lama atau bekas yang bisa kamu lakukan. Semoga langkah-langkah tersebut bisa kamu ikutin dengan mudah ya, selamat mencoba.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

si chubby semenjak lahir yang bercita-cita jadi penulis

CLOSE