Ada banyak alasan mengapa Anda sebaiknya menanam lidah buaya di rumah. Tak hanya untuk mempercantik pekarangan, Anda juga bisa memanfaatkan daunnya untuk berbagai hal. Ya, lidah buaya adalah tanaman serba guna yang sudah dikenal khasiatnya sejak berabad-abad lalu.

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Advertisement

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Aloe vera atau lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit. Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.

Ada banyak manfaat dari tanaman lidah buaya, manfaat lidah buaya yang pertama adalah merawat kulit. Jika dioleskan, getah (gel) lidah buaya bisa menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Ini karena kandungan air dari lidah buaya sangat tinggi. Lidah buaya memang sejenis tanaman kaktus yang bisa bertahan di lingkungan yang sangat kering, berkat kemampuannya menyerap air secara maksimal. Yang kedua lidah buaya bisa meredakan iritasi dan gatal pada kulit, Tak hanya menjaga kelembapan kulit, Anda juga bisa meredakan berbagai masalah kulit dengan lidah buaya. Sejumlah penelitian telah membuktikan keampuhan lidah buaya dalam mengatasi jerawat, ruam, iritasi kulit, gatal akibat gigitan serangga dan reaksi alergi, bekas luka, hingga gejala psoriasis.

Lidah buaya juga bisa menjadi obat luka bakar luka bakar getah lidah buaya sering dijadikan salep alami untuk mengobati luka bakar. Getah tersebut memang mampu mendinginkan dan memperbaiki kerusakan jaringan pada bekas luka bakar. Selain itu, lidah buaya juga bisa membantu mengatasi masalah kulit terkait sengatan matahari. Getah tanaman ini ampuh menghentikan penyerapan radiasi ultraviolet (UV) ke dalam kulit.

Advertisement

Yang terakhir lidah buaya juga bisa melembutkan dan menutrisi rambut, kalau rambut anda mudah kusut dan rontok, oleskan getah lidah buaya pada kulit kepala. Kandungan enzim pada lidah buaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala dan menutrisi akar rambut Anda. Dengan begitu rambut pun tumbuh lebih kuat, halus, dan mudah diatur. Itulah manfaat dari tanaman lidah buaya yang bisa menjadi tanaman serbaguna, semoga bermanfaat bagi anda.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya