Teman-teman muslim semunya, bulan penuh ampunan dan penuh dengan limpahan pahala saat ini sedang kita jalani bersama. Rugi bagi kita jika tidak melakukan amalan amalan yang mudah sekali untuk kita lakukan di bulan ramadhan ini, pada moment bulan ramadhan ini, semua amalah akan dilipat gandakan sampai dengan 1000 kali lipat lho. Nah untuk memotivasi teman teman semuanya simak amalah harian yang mudah untuk dilakukan siapa saja.

1. Membaca Al Quran

Advertisement

Di bulan yang penuh ampuna dan limpahan pahala ini kita harus maksimalkan untuk membaca Al Quran, karena setiap huruf pada Al Quran akan dibalas sampai dengan 10 hingga 700 kali lipat (lihat Hadits Riwayat Bukhari no. 1904, 5927 dan Riwayat Muslim no. 1151). Setiap huruf seperti alif, lam dan mim terhitung sebagai 3 huruf dan 3 kebaikan. Bayangkan jika kita dalam satu hari bisa membaca 1 juz Al Quran! Maka berapa pahala yang akan kita dapatkan pada hari itu.

Jadi mari tingkatkan bacaan Al Quran kita pada setiap harinya.

2. Sedekah

Advertisement

Momen bulan ramadan juga menjadi ladang untuk kita menghambur hamburkan uang di jalan Allah Ta'ala. Kita yakini bahwasannya hitung hitungan manusia berbeda dengan hitung hitungannya Allah Ta'ala. Jika hitung hitungan kita sedekah itu mengeluarkan, sedangkan dalam hitung hitungan Allah Ta'ala dengan bersedekah maka harta kita akan di kembalikan berkali kali lipat.

Selain itu, dari segi pahala yang akan kita dapatkan pastinya akan dilipat gandakan lagi. Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wa Sallam pun saat bulan Ramadhan sangat gemar bersedekah bahkan berkali kali lipat di bandingkan bulan bulan di luar Ramadan, sebagai seorang muslim tentunya kita harus ber i'tiba (mencontoh) Rosulullah Shallallahu'alaihi Wa Sallam.

Jadi, mari kita sisihkan sebagian harta kita untuk di jalan Allah Ta'la dengan memasukannya ke kotak amal masjid atau ke badan amil zakat terdekat di daerah kita.

3. Perbanyak Semyum Ke Sesama Muslim

Amalan yang tidak mengeluarkan biaya namun memiliki dampak yang luar biasa bagi ukhuwah adalah dengan tersenyum, dalam sebuah hadits disebutkan bahwasannya seyuman merupakan sedekah. Namun di sini perlu di ingat, jangan tersenyum sendiri lho ya, nanti di kira kurang sehat kitanya.. hehe

4. Memberi Buka Orang yang Berpuasa

Amalan yang satu ini tentu sudah banyak teman teman yang tahu pahala yang akan didapatkan, dalam sebuah hadits di sebutkan bahwasnnya "seseorang yang memberi makan atau minum untuk berbuka puasa, maka dia akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tanpa di kurangi sedikitpun pahalanya", jadi jika kita memberi buka satu orang maka kita akan mendapat pahala puasa dari satu orang yang kita beri bukaan tersebut. Bayangkan jika dalam satu hari kita bisa memberi makan dan minuman untuk berbuka orang 10, maka dalam satu hari tersebut kita akan mendapatkan pahala 10 orang yang berpuasa.

Jadi, tunggu apa lagi teman teman semuanya, mari kita berlomba lomba untuk memberi makan dan minuman berbuka sahabat muslim kita yang lainnya karena pahala yang banyak akan menanti kita.

5. Berbagi Ilmu yang Bermanfaat

Bagi kita yang memiliki kelebihan di bidang ilmu pengetahuan, baik itu di bidang agama maupun di bidang sosial mari kita tularkan ilmu yang baik yang kita miliki kepada saudara muslim kita yang lainnya. Ilmu yang bermanfaat merupakan pahala yang akan terus mengalir pahalanya kepada kita walaupun kita sudah meninggal dunia, amalan tersebut lebih di kenal dengan "amal jariyah".

Dengan ilmu yang bermanfaat kita bisa meraih pahala sebanyak banyaknya, tergantung dari berapa banyak orang yang akan menerima ilmu dari kita. Jadi, jangan pelit terhadap ilmu karena dengan ilmu kita tidak akan berkurang jika kita bagikan kepada sesama.

6. Sholat Sholat Sunnah

Untuk amalan ini tentu kita harus lebih giat lagi mengerjakan di saat bulan Ramadhan, seperti yang terjadi di masyarat muslim dunia. Pada setiap malam bulan Ramadhan kita sering melakukan shalat Tarawih dan Witir secara berjamaah, jangan lewatkan momen ini untuk kita tinggalkan. Kita tinggkatkan terus amalan ini dan jangan pernah bolong dalam malam malam dibulan Ramadan kita.

7. I'tikaf

Amalan yang satu ini boleh dikerjakan di awal ramadhan sampai dengan selesai atau di sepuluh hari terakhir. Di bulan Ramadan ada satu malam yakni dikenal dengan "Malam Lailatul Qodr" yang mana pada malam merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, malam ini terjadi di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan tepatnya pada malam malam ganjil sepuluh hari terakhir. Jadi, jika kita melakukan satu amalan saja dan bertepatan dengan malam lailatul qodr maka kita akan mendapatkan pahala sepeti amalan selama seribu bulan. Rugi jika kita tidak memaksimalkan amalan kita pada momen ini.

Jadi tunggu apa lagi teman-teman semuanya, itu tadi amalan amalan selama bulan Ramadan yang bisa kita kerjakan dengan balasan pahala yang luar biasa. Mari kita tingkatkan ibadah kita selama bulan Ramadan masih bisa kita jalani. Karena kita tidak tahu apakah tahun depan kita bisa mendapati bulan Ramadan bersama kita.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya