2018 bukanlah tahun yang mudah bagi beberapa orang, termasuk saya. Di tahun 2018, saya membuat sebuah daftar atau wishlist, walaupun pecapaian yang saya dapatkan tidak begitu memuaskan atau bahkan menurut saya sedikit mengecewakan karena kurang dari 50 persen daftar saya tercapai, namun saya tetap bersikukuh untuk terus melanjutkan daftar saya ini.

Tapi walapun begitu saya tetap mengapresiasi diri atas beberapa pencapaian resolusi yang saya buat di tahun 2018 dan akan membagi sedikit cerita kecil saya kepada kalian semua pembaca Hipwee, entah menginspirasi ataupun tidak, apa salahnya berbagi?

Advertisement

Pertama saya akan menceritakan sedikit mengenai resolusi saya di tahun 2018, saya adalah seorang pengangguran di awak tahun 2018 lalu. Perkuliahan yang gagal alias IPK tidak mencukupi atau tergolong sedikit dibawah rata-rata, membuat saya sangat kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Singkat cerita keadaan ini membuat saya harus berjuang dari nol, saya harus membuat sebuah “kerja nyata” atau sering disebut portofolio. Ya, benar resolusi pertama saya adalah di tahun 2018 saya harus mendapatkan sebuah pekerjaan. Setelah kurang lebih 3 bulan bergelut dengan materi-materi yang ada akhirnya saya memberanikan diri untuk melamar pekerjaan, dan hal yang tak diduga pun terjadi di tahun 2018.

1. Mendapatkan Pekerjaan

Advertisement

Saya memutuskan untuk mencari pekerjaan yang jauh dari daerah asal saya. Beruntung saya mempunyai seorang teman yang mau memberi tumpangan kepada saya salama beberapa bulan di tempat perantauan, atau lebih tepatnya di bali. Sampai akhirnya saya mendapatkan pekerjaan di Bali setelah beberapa bulan mencari pekerjaan di sana.

Setelah sebulan saya bekerja, saya mendapatkan tawaran dari beberapa perusahaan yang menurut saya, perusahaan itu sangatlah ingin saya masuki. Kemudian saya pindah ke perusahaan tersebut, tapi saya tidak melepas pekerjaan yang ada di Bali, melainkan saya bekerja daring alias remote atau freelance, karena jobdesk saya bisa dilakukan secara online.

Manusia Boleh Berencana, Setelah sebulan saya bekerja di perusahaan tersebut saya harus puas untuk keluar karena saya akui kinerja yang saya lakukan kurang dan itu membuat saya hampir putus asa, bukan karena saya dikeluarkan dari perusahaan, tapi penyesalan mengapa saya tidak berusaha bekerja dengan maksimal. Saat ini saya masih bekerja freelance di salah satu perusahaan travel di Bali.

2. Mendapat Kolega, Keluarga, Teman Baru 

Menurut saya pribadi, ini adalah pencapaian yang sangat membanggakan dari diri saya. Kenapa? Saya merupakan orang yang bisa menghabiskan waktu selama 12 jam bekerja di depan komputer. Saya menyadari saya, kurang bersosialisasi. Tapi di tahun 2018 semua menjadi terbalik, saya mengikuti beberapa komunitas lokal dan berhasil mengadakan event yang menurut saya berhasil di tingkat lokal, saya mendapatkan teman baru di Bali yang sudah menganggap saya sebagai keluarga, saya mendapatkan kenalan orang-orang hebat. Tantangan berikutnya adalah manajemen waktu yang harus lebih baik.

3. Menemukan Passion Baru 

Sedikit cerita sebenarnya bukan passion baru melainkan passion yang sudah terkubur lama dan saya sendiri tidak menyangka passion ini akan kembali muncul kembali. Ya, saya mempunyai passion menulis, saya menulis mulai dari SMP dan sempat berhenti lama, kemudian pada pertengahan 2018 saya akhirnya memutuskan untuk kembali menulis.

Ketika saya menulis, saya merasakan sebuah ketenangan, kenyamanan yang mungkin jarang saya rasakan ketika melakukan hal lainnya. Termasuk saya menulis di hipwee adalah untuk menyalurkan passion yang ingin kembali saya asah. Manusia Boleh Berencana, saya akan terus menulis sampai dengan tulisan yang saya buat, mampu menginspirasi teman-teman pembaca Hipwee.

Nah, Manusia memanglah Boleh Berencana, sekuat apapun kita berusaha pasti akan selalu ada rencana kita yang tidak terwujud. Namun, jika kita melihat lebih dalam kita tetap harus mengambil pelajaran dari setiap kepaitan yang kita alami, pasti selalu ada sisi positif di dalamnya. Semoga artikel ini dapat menginspirasi dan teruslah berkarya, Terimakasih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya