Media Audio Podcast Sebagai Media Pembelajaran

podcast untuk belajar

Seiring dengan perubahannya zaman yang menghadirkan media – media baru yang sekarang menjadi sumber informasi dari segala aspek. Kehadiran media tersebut tentunya mempermudah manusia dalam memperoleh suatu fenomena atau peristiwa yang sedang terjadi sehingga manusia dapat terus mengetahui perkembangan. Tidak hanya berita terkini namun mengenai suatu informasi atau peristiwa yang terjadi masa lampau juga dapat diketahui melalui media. Media tidak hanya berisi informasi saja namun media juga digunakan sebagai hiburan, pembelajaran, budaya dan hal lainnya.

Advertisement

Media diartikan sebagai penghubung antar pengantar dan penerima informasi dengan media tersebut manusia dapat memperoleh sebuah informasi. Media terdiri dari beberapa jenis yaitu media cetak, media audio, media visual, media audio visual dan lainnya. Pengertian dari media audio yaitu adalah sebuah media yang berisikan sebuah informasi yang dimana informasi tersebut hanya dapat diketahui hanya melalui indera pendengaran saja.  Media – media di dalam media audio adalah seperti seperti Radio, Tape Recorder, Piringan Hitam dan lainnya. Masing – masing dari media audio memiliki fungsi yang berbeda – beda dan kelebihan serta kekurangan  yang berbeda – beda.

Media audio berfungsi sebagai salah satu metode untuk mengembangkan keterampilan dalam mendengarkan. Di dalam mendengarkan isi dari informasi yang diberikan secara lisan yang di dalamnya terdapat lambadng auditif yaitu kata – kata dan suara. Di dalam media audio merupakan aspek yang sangat berpengaruh dan penting karena media ini mengandalkan indera pendengaran. Apabila di dalam proses mendengarkan tidak jelih tentu akan mempengaruhi isi dan maksud dari pesan lisan yang sebenenarnya. Dalam proses penyampaian pesan, pengantar pesan harus dapat memfokuskan maksud dan tujuan dari pesan tersebut dengan jelas dan benar agar penerima pesan akan mengerti. Tidak hanya memahami namun dalam penyampaian tersebut pengantar pesan harus memastikan bahwa penerima pesan memahami hal yang sama. Mendengarkan dan mendengar merupakan suatu kegiatan yang sama namun memiliki perbedaan dalam penerimaan pesan yaitu listening dan hearing. Mendengarkan merupakan suatu proses yang lebih rumit dan mendalam dibandingkan dengan mendengar karena di dalam mendengarkan otak manusia bekerja untuk menyeleksi mana saja hal – hal yang akan diingat berbeda dengan mendengar yang tidak memfokuskan untuk menyeleksi suatu informasi.

Mengenai mendengar dan mendengarkan, terdapat teknik atau metode baru dalam kegiatan belajar dan mengajar yaitu pembelajaran melalui podcast. Podcast merupakan sebutan lain untuk blog yang  berisikan audio ataupun video yang pada dasarnya di dalam podcast yaitu mempublikasi sebuah konten dimana konten tersebut dapat di subscribe oleh pendengarnya. Podcast memiliki manfaat yaitu podcast dapat dikatakan lebih terjangkau dibandingkan dengan video streaming karena podcast dapat di download yang berarti podcast dapat didengar kapan saja dan dimana saja.

Advertisement

Pada dasarnya podcast merupakan sebagai hiburan, topik yang dibahas didalam sebuah podcast sangat beragam dan juga masing – masing dari podcaster memiliki gaya atau ciri tersendiri ketika menyampaikan suatu hal. Walaupun pada awalnya podcast dasarnya sebagai media hiburan namun pada saat ini podcast memiliki fungsi lain yaitu sebagai media pembelajaran. Podcast sebagai media pembelajaran memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah podcast dapat melatih motorik  karena ketika proses mendengarkan dengan otomatis diri kita akan menyeleksi informasi dan memfokuskan pada suatu hal. Podcast juga menambah tingkat pemahaman terutama disaat pandemi seperti sekarang yang mengubah cara belajar mengajar, tentunya belajar melalui media cetak seperti buku akan lebih sulit untuk dipahami tanpa adanya penjelasan lebih lanjut terkait suatu materi. Tetapi dengan munculnya podcast yang dapat di dengar kapan saja sangat membantu untuk lebih memahami mengenai informasi apa yang dibahas.  Podcast juga membantu pendengarnya untuk dapat fokus kepada satu hal serta untuk meningkatkan kemampuan berimajinasi para  pendengarnya.  

Di dalam sebuah proses pembelajaran melalui podcast tentu diri kita akan memproses informasi yang didengar dan mengingat informasi tersebut. Pada bagian ini proses menyeleksi  merupakan aspek yang penting serta dengan hadirnya podcast sebagai media pembelajaran masyarakat mampu membantu menghilangkan gangguan dengan hanya fokus kepada satu hal saja. Gangguan yang dimaksud bisa berupa seperti percakapan, suara kendaraan, suara yang berasal dari tv dan lainnya dikarenakan hal tersebut mengganggu masyarakat dalam proses penyerapan ilmu.  

Advertisement

Di dalam hal ini podcast termasuk kedalam proses mendengar yaitu mendengar untuk kesenangan, mendengar untuk mendapatkan informasi dan penuh kesadaran lain. Pada hal ini podcast yang dimaksud dalam mendengar untuk kesenangan adalah saat kita sedang mendengarkan musik yang membuat diri kita menjadi lebih senang dan ceria. Mendengar untuk informasi adalah podcast sebagai media untuk berbagi cerita dan bisa dalam hal apa saja serta mendengar untuk informasi merupakan fungsi lain dari podcast yaitu sebagai media pembelajaran. Di bagian ini yang dimaksud dengan penuh kesadaran adalah podcast sebagai media yang membantu pendengarnya untuk menjadi pendengar yang baik dan teliti dengan cara memiliki fokus dan tingkat kesadaran yang tinggi sehingga isi dari pesan yang disampaikan dapat dimengerti dengan baik. Podcast juga membantu pendengarnya untuk mengedalikan hambatan baik eksternal maupun internal oleh karena itu podcast baik dalam media pembelajaran karena dengan ini melatih para pelajar untuk fokus ketika belajar.

Pada akhir ini,  dapat disimpulkan bahwa media audio memiliki peran dalam kehidupan manusia karena memiliki banyak manfaat seperti yang kita dapat rasakan dengan hadirnya media audio yaitu kita dapat berkomunikasi kepada sesama manusia. Tidak hanya dapat berkomunikasi namun dengan kehadiran media audio manusia bisa mendapatkan pekerjaan seperti membuat lagu dan lagu – lagu tersebut menjadi sebuah media hiburan yang dapat kita nikmati. Manfaat lain dari media audio yaitu dapat digunakan untuk berkarya sebagai tempat untuk mengekspresikan diri kita. Manfaat lain  dari media audio podcast sebagai  adalah sebagai sarana pembelajaran yang  memiliki banyak manfaat seperti membantu para pelajar untuk memahami materi yang diberikan, membantu pelajar untuk meningkatkan tingkat fokus mereka terhadap suatu hal seperti contohnya hambatan internal dan eksternal. Manfaat lain dari media audio podcast adalah lebih mudah untuk digunakan dan terjangkau karena dapat diunduh sehingga para pendengarnya dapat mendengarkannya kapan saja dan juga memiliki genre yang beragam sehingga bisa menjadi hiburan dikala waktu senggang. Tentu dengan kehadiran media audio dan perkembangannya banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan oleh karena itu manusia harus bersikap bijak dalam menggunakan media terutama dalam mengolah sebuah informasi karena terkadang berita – berita yang di publikasikan belum tentu benar tetapi terkadang manusia mudah percaya dan mengasumsikan bahwa berita tersebut benar. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus lebih cerdas dan selektif dalam mendengar dan mengolah sebuah informasi agar tidak terjadinya kesalahpahaman dalam memahami sebuah informasi.



Referensi

Wood, Julia. T (2013). Komunikasi Interpesonal: Interaksi Keseharian (Edisi 6). Salemba Humanika: Jakarta.

Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. (2017). (n.p.): Pustaka Abadi.

Harrington, R., Weiser, M. (2012). Professional Web Video: Plan, Produce, Distribute, Promote and Monetize Quality Video. Netherlands: CRC Press.

Media dan Sumber Pembelajaran. (n.d.). (n.p.): Kencana.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE