Marjinal berasal dari bahasa inggris 'marginal' yang artinya, adalah suatu kelompok yang jumlahnya sangat kecil atau bisa juga diartikan sebagai kelompok pra-sejahtera. Marjinal identik dengan masyarakat kecil atau kaum yang terpinggirkan. Banyak kaum marjinal di sekitar kita seperti pengemis, pemulung, buruh, petani, dan orang-orang yang berkekurangan.

Penyebab mereka terpinggirkan karena tekanan ekonomi, sosial, budaya ataupun politik. Keberadaan kaum marjinal yang biasanya berada di kota-kota besar munculnya secara pelan dan tidak tertangani secara kolektif oleh pemerintah. Hal ini pada akhirnya berakibat kurangnya gizi yang baik bagi anak-anak.

Advertisement

Penyelesaian masalah sosial seperti gizi yang buruk ini harus dilakukan bersama-sama. Masyarakat, dunia usaha termasuk sekolah perlu berperan aktif mengambil bagian dalam setiap program mengatasi masalah sosial, seperti kemiskinan dan kurang gizi. Medical Mission Club, sebagai suatu komunitas dalam bidang kesehatan, sadar akan dampak yang signifikan yang bisa dihasilkan dari dukungan dan peran aktif ini.

"Menurut saya untuk ikut terlibat menjadi mitra dalam mengatasi masalah sosial seperti ini dapat dilakukan sejak di bangku sekolah sehingga kita bisa ikut terlibat dan membuat perbedaan" ujar Joel, salah satu anggota dari Medical Mission Club.

Medical Mission Club sadar bahwa demi terciptanya dampak yang signifikan tersebut, tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk itu, Medical Mission Club bersinergi dengan Komunitas Flyover. Komunitas Flyover adalah komunitas yang berfokus pada perbaikan kehidupan bagi kaum marjinal di kawasan Kapuk, Jakarta Utara. Medical Mission Club melihat program makan sehat yang dilakukan oleh Komunitas Flyover dapat menjadi salah satu tindakan nyata perbaikan gizi anak marjinal.

Advertisement

Program Makan Sehat adalah kegiatan memberikan makanan sehat bagi anak-anak marjinal demi kesehatan gizi mereka. Kegiatan ini berlangsung setiap bulan. Menu yang diberikan bervariasi antara roti dan susu atau biskuit, nasi lauk pauk, juga pemberian vitamin.

Untuk membantu program ini terus berlangsung, Medical Missions Club menginisiasi project penggalangan dana online "Makanan Bergizi bagi kaum marjinal" melalui platform IndoGiving.com. Mari bersama kita menjadi bagian untuk mewujudkan hari yang lebih cerah bagi mereka yang membutuhkan. Anda bisa membantu dengan berdonasi melalui link

https://indogiving.com/MakananBergiziuntukkaummarjinal

 

Dukung anak-anak marjinal untuk mendapatkan gizi terbaik pada masa pertumbuhan mereka bagi masa depan Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya