Memperbaiki Moral Bangsa dengan Tidak Melakukan Apa-apa. Bagaimana Caranya? Yuk Disimak!

Bagaimana kabarmu hari ini? Baik-baik saja? Atau ‘baik-baik’ saja? Yah apapun itu. Kamu harus bisa melaluinya. Jika kamu merasa stuck, buntu seperti tidak ada harapan. Ketahuilah, bisa jadi ada orang yang jauh lebih parah nasibnya ketimbang kamu. Setidaknya kamu memiliki akses internet untuk membaca tulisan ini, bukan? Memiliki kuota itu artinya salah satu kebutuhan primer-mu di era digital tercukupi.

Advertisement

Yang patut kamu syukuri ketika kamu sedang dalam kondisi baik-baik saja, kamu harus menyadari tidak semua orang baik-baik saja. Banyak teman-temanmu yang kamu kenal dekat atau tidak. Seseorang dari antah berantah atau public-figure yang memiliki segudang masalah. Yah, kamu tentu pasti mengetahui semau orang memang memiliki masalahnya masing-masing. Namun bagaimana masalah ini tidak hanya menjadi masalah bagi diri mereka saja. Masalah ini menyebabkan banyak masalah lain yang membawa masyarakat kita kedalam kerusakan. Tentu kamu ketahui, moral para pemuda dan pemudi kita jauh dari norma-norma agung yang sudah lama menjadi kesepakatan tak tertulis atau tertulis di masyarakat.

Banyak dari mereka yang terlibat tawuran, obat terlarang, kejahatan seksual, hingga kasus korupsi yang menjadi bangsa ini kian terpuruk. Bukankah masa depan bangsa dapat digambarkan dari kondisi para pemudanya? Karena bagaimanapun juga para pemuda akan dewasa dan menjadi calon pemimpin bangsa ini kedepannya. Lalu apa yang kamu harapkan dari sekumpulan pemuda yang rusak moral dan perilakunya memimpin bangsa ini?

Sebenarnya kita sudah memiliki solusi. Sebuah solusi sederhana untuk memperbaiki moral bangsa ini. Tanpa harus membuat gerakan yang besar. Tanpa harus bergabung dengan organisasi pergerakan apapun. Tanpa harus berteriak lantang di jalanan atau sosial media. Solusinya bisa jadi kamu sudah melakukannya. Tinggal kamu konsisten untuk terus melakukannya dan menebarkan semangatmu itu ke orang lain.

Advertisement

Ya, solusi sederhana adalah dengan tidak melakukan apa-apa. Kamu tidak melakukan perbuatan apapun yang merusak. Jika kamu belum bisa memberikan manfaat bagi orang lain atau bahkan dirimu sendiri. Paling tidak kamu tidak merusak orang lain. Paling tidak kamu tidak merusak dirimu sendiri. Sesederhana itu.

Tidak melakukan apa-apa adalah standard paling minim dari sumbangsihmu memperbaiki moral bangsa ini. Berbanggalah, kamu telah memberikan kontribusi yang apabila dilakukan konsisten untuk tidak berbuat hal yang ‘aneh-aneh’ dapat mengantarkan moral bangsa ini naik ke tempat yang seharusnya.

Advertisement

Bayangkan efek bola saljunya. Apabila ‘semangat’ tidak melakukan apa-apa ini menjadi sebuah trend di masyarakat. Kamu tidak akan atau paling tidak sedikit mendapatkan tontonan yang tidak berfaedah. Harimu lebih tenang dengan tidak terlalu banyak mendengarkan berita yang bisa mengerutkan dahimu. Kamu dan orang-orang sepertimu memiliki banyak waktu luang.

Dengan sedikit motivasi saja kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu ini dengan hal yang bermanfaat. Dengan melakukan hal yang bermanfaat, produktivitasmu meningkat. Dengan produktivitasmu meningkat, kamu bisa menghasilkan karya-karya inspiratif.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I Write blog not tragedies.

CLOSE