Menangis Bukan Solusi. Selesaikan Masalah yang Datang dengan Gagah Berani

menangis bukan solusi

Di dunia ini, tidak ada manusia yang tidak terlepas dari masalah. Artinya, setiap manusia dewasa pasti memiliki masalah berbeda-beda, ringan ataupun rumit tetap harus diselesaikan.

Advertisement

Masalah itu ibarat bumbu pelengkap dalam kehidupan, yang akan ada di setiap kamu mengambil langkah. Seperti rasa pahit ketika menggigit buah pare, mungkin itulah pengibaratan yang kurang lebih tepat mengenai keberadaan masalah dalam hidupmu.

Menangis bukanlah sebuah penyelesaian, meski kamu sedikit merasa tenang ketika air matamu berjatuhan. Alih-alih menangis, seharusnya kamu bangkit dan mengurai benang-benang masalah yang terlanjur kusut. Memburainya menjadi bagian-bagian lurus, dipisah satu persatu.

Menangis bukan jalan keluar, juga bukan penambah beban. Namun, jika hari-harimu dihabiskan dengan tangis, maka akan sampai kapan kamu terjerembab dalam jurang permasalahan. Kamu harus kuat, bertekad bahwa masalah yang kamu hadapi harus segera berakhir. Berjanji pada diri sendiri jika kamu memang bisa diandalkan.

Advertisement

Menangis bukan solusi, walaupun banyak orang datang silih berganti mengatakan simpati. Terkadang, orang-orang datang bukan untuk membantumu berdiri tapi menikmati kamu terluka lagi dan lagi. Maka, tunjukkan pada mereka bahwa kamu bisa mengatasi semua masalah.

Berhentilah menangis, berhentilah menyalahkan diri sendiri karena itu hanya membuang-buang waktu. Buktikan bahwa kamu mampu. Konkritkan apa yang ingin kamu tuju. Percaya pada kemampuan dirimu. Karena masalah tidak akan terus-menerus mengikuti kamu.

Advertisement

Ada masa di mana masalah itu akan pergi dan kamu merasa beruntung telah menghadapinya seorang diri. Kamu tahu? Orang yang paling kuat di dunia ini bukan orang yang bisa mengangkat beban ratusan kilogram, tetapi adalah orang-orang yang tegar kala dirundung masalah demi masalah. Maka, berhenti berkata masalah sebagai musibah. Gantilah pandanganmu bahwa masalah merupakan suatu proses pendewasaan diri yang harus kamu hadapi agar dapat membentukmu menjadi manusia yang lebih hebat. Hadapi masalah dengan ikhlas dan berlapang hati, suatu hari nanti itu akan menjadi sebuah pengalaman hidup berharga di kehidupanmu.


Ingat, badai tidak pernah menetap di satu tempat. Ingat, pelangi yang indah selalu muncul setelah rintik hujan.


Jangan pernah menyerah, jangan berniat untuk berhenti. Kamu terlahir bukan untuk dikasihani, tapi untuk memberi inspirasi. Lanjutkan apapun yang bisa kamu lakukan saat ini, percaya pada kemampuanmu, kamu pasti bisa menjinakkan segala macam bentuk permasalahan.

Semangat! Yakinlah, esok lusa pasti akan lebih baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Anak kedua dari tiga bersaudara. Menghabiskan sebagian banyak waktu di kota kelahiran, Bandar Lampung. Tidak ada yang istimewa dari saya, tapi selalu ingin memulai belajar menulis karena selama ini hanya menjadi silent reader.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE