Bukit Panguk Kediwung tergolong lokasi wisata baru di Jogja. Pengelolaan pun masih terbatas. Justru itu jadi daya tarik karena pengalaman menikmati sunrise itu sangat mahal. Cek dulu keseruannya yuk.

Harus datang pagi hari, Jadi cari penginapan terdekat. Yang namanya sunrise alias matahari terbit tentu harus pagi buta. Karena itu sebaiknya kamu mencari penginapan terdekat dengan bukit Panguk Kediwung ini. Begitu usai shalat subuh langsung deh berangkat ke puncak. Jangan lupa persiapkan kondisi kendaraanmu benar-benar fit. Soalnya medan yang menanjak tentu memaksa kita siap siaga main rem.

Advertisement

Hamparan bukit hijau, kabut pagi dan sinar mentari. Begitu sampai di puncak bukit maka pemandangan indah siap tersaji. Hamparan bukit menghijau diselimuti kabut pagi tipis yang membiaskan sinar matahari pagi. Suasana yang cocok sekali dinikmati sambil menyeduh teh atau kopi dengan makanan ringan plus musik santai yang membelai.

Berburu foto di spot terindah. Tapi hati-hati ya guys. Keindahan matahari terbit yang tersaji dari Bukit Panguk semakin sempurna dengan adanya fasilitas beberapa spot foto unik. Karena memang Instagramable, maka pada hari-hari libur sampai harus antri untuk sekedar selfi di spot tersebut. Nah ada yang agak ekstrim sampai naik ke atas pagar. Sebaiknya juga perhatikan keselamatan diri ya, Guys. Perhitungkan kalau ingin foto sambil berdiri di atas pagar jembatan. Kalau sampai jatuh bukannya foto kece yang di dapat tapi rumah sakit.

Siapkan diri, ini rute dan lokasi Puncak Bukit Panguk Kediwung. Obyek wisata Puncak Panguk Kediwung berlokasi di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jaraknya dari Kota Jogja sekitar 24 Km, dan hanya 2 Km dari kebun Buah Mangunan. Lokasi ini mudah dicapai dari Yogyakarta.

Advertisement

Dari Jogja ikuti arah ke Terminal Giwangan, lalu sampai lampu lalu lintas Giwangan belok ke selatan menuju Pasa Imogiri. Setelah itu ambil jalan ke kiri menuju Makam Raja-raja, sebelum makam terdapat pertigaan. Ada sebuah papan pentunjuk arah ke Kebun Buah Mangunan. Ikuti saja arah tersebut dan sebelum kebun buah kamu akan menemukan papan petunjuk ke arah Puncak Kediwung.

Harga tiket masuk dan fasilitas di Puncak Bukit Panguk Kediwung Bantul. Untuk harga tiket masuk memang murah. Hanya Rp7.000, Plus biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Namun yang bikin sebagian pengunjung kurang nyaman adalah harus bayar untuk memanfaatkan setiap spot foto yang tersedia. Tapi demi mendapatkan foto yang indah mereka pun tunduk saja. Menurut pengalaman, untuk foto di semua spot yang tersedia kamu bisa habis Rp200.000. Mahal juga ya?

Fasilitas yang tersedia lumayan bagus dan akan terus ditingkatkan. Sementara ini masih tersedia berbagai spot foto yang jadi andalan wisata, warung makan dan tempat parkiran saja. Mungkin ke depannya segera dibangun fasilitas lainnya. Itulah ulasan tentang Bukit Panguk Kediwung di Bantul Yogyakarta. Sebagai tambahan sebaiknya kamu datang ke sini saat musim hujan di mana tumbuhan bersemi. Sebab pas kemarau suasana puncak bukit juga kurang indah. Selamat berwisata.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya