Mengapa Remaja Milenial Suka Menggabungkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Korea?

Annyeonghaseyooo yeoreobun….

Advertisement

Yang suka K-drama atau Kpop fans? Pasti banyak ya.

Dan siapa yang suka bicara bahasa indo dicampur dengan bahasa korea? Hehe pastinya banyak ya termasuk aku juga 😂

Demam Korea memang masih sukses merajai sebagian besar remaja di Indonesia, Mulai dari musik K-Pop hingga K-Drama berhasil membuat bahasa dan budaya Korea semakin populer. Untuk para penggemar Korea pasti kamu sudah tidak asing lagi ya dengan bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat Korea.

Advertisement

Misalnya beberapa teman kalian menanggil nama kalian lalu di jawab dengan "Wae?".

Ini pengalaman aku sendiri ya saat berada di sebuah cafe dan ada beberapa kumpulan remaja yang seperti suka ya sama korea, kaget aku!! berasa makan di korea, Saat lagi pada ngobrol kata "Heol, Daebak, jinjja, Eoteokhaji, geuresseo, eommeo, YAA!! 😂 Dan kalimat ini keluar semuaaa… Dan yg paling sering diucap tuh aigo-aigo wkwk.

Berasa makan di cafe korea ye (walaupun aku sendiri tidak pernah makan di Korea 🥺) dan juga ada beberapa memesan makanan memanggil pelayanya dengan sebutan "Eonnie (Bahasa korea yang artinya kakak perempuan" Misalnya seperti ini "Eonnie aku mau pesan dong" dan saat pesananya sudah sampai ucapan terima kasih seperti ini "Gomawoyo Eonnie"

Bagi kalian pecinta K-Drama pastis udah tidak asing ya mendengar kata-kata itu. Nah bagi kalian yang sudah terbiasa dengan pengucapan bahasa Korea dan ingin mendalami bahasa korea boleh banget ya guys karena dizaman digital seperti sekarang ini sangat mudah mempelajari bahasa asing dari mulai youtube, podcast, buku-buku yang di jual di pasaran atau bisa juga les privat jika mau yang lebih mendalami.

Mempelajari bahasa asing itu banyak loh manfaatnya Belajar Bahasa Korea membuka peluang kerja yang lebih banyak Kalau kamu punya passion dalam mengajar, kamu juga bisa loh mengembangkan karir dalam dunia pendidikan Bahasa Korea bila kemampuan berbahasa Koreamu sudah mencapai tingkat yang mumpuni untuk menjadi guru. Kamu bisa bergabung dengan institusi pendidikan tertentu, atau kamu juga bisa mengembangkan usaha pelatihan bahasa sendiri.

Percaya atau tidak, ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari mempelajari Bahasa Korea. Yuk, simak apa saja.

1. Belajar Bahasa Korea Membantu Untuk Lebih Memahami Konteks Budaya Korea

2. Belajar Bahasa Korea Memudahkan Jalan Untuk Meraih Pendidikan yang Berkualitas 3. Belajar Bahasa Korea Membantu Mendapatkan Peluang Bisnis 4. Belajar Bahasa Korea Membuka Peluang Kerja yang Lebih Banyak 5. Belajar Bahasa Korea Meningkatkan Kemampuan Fungsi Otak

Selain banyaknya dampaknya positif dari mempelajari bahasa asing tentu ada dampak negativenya lohh yukk disimak:

1. Anak-anak mulai mengentengkan/menggampangkan untuk belajar bahasa Indonesia.

2. Rakyat Indonesia semakinlama kelamaan akan lupa kalau bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan.

3. Anak-anak mulai menganggap rendah bacaan Indonesia.

4. Lama kelamaan rakyat Indonesia akan sulit mengutarakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

5. mampu melunturkan semangat nasionalisme dan sikap bangga pada bahasa dan budaya sendiri.

Selain mempelajari bahasa asing tentunya harus mempelajari Bahasa Indonesia juga ya, jangan sampai terlena karena sudah mahir berbahasa asing sampai lupa dengan Bahasa sendiri. Jangan hanya ingin terlihat keren menggunakan bahasa asing tetapi sangat buruk dalam mengucapkan Bahasa Indonesia.

Mengapa banyak orang berfikir tidak perlu belajar Bahasa Indonesia karena menganggap remeh Bahasa Indonesia lantaran dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Ini salah besar ya guys tetap harus mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Yuk dalami Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional kita, Jika bukan kita siapa lagi? Remaja Indonesia bukan hanya pandai Berbahasa Asing tetapi juga Berbahasa Indonesia!!

Thanks yg sudah baca.

Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam penyampaiannya…

감사함니다 친구야…… 🙏

안녕….. 💓

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo saya Liviana Syafei saya bekerja sebagai karyawan swasta dan saya sekarang sedang menjalankan pendidikan kuliah semester 2 di Universitas Pamulang

CLOSE