Mengenal Taman Pintu Air, Paru-Parunya Kota Tangerang

Kota Tangerang yang dijuluki kota industri ternyata menyimpan alternatif wisata loh!

Terkenal dengan julukan Kota Industri, ternyata kota Tangerang menyimpan berbagai alternatif tempat wisata yang sejuk dan asri. Terletak di pusat kota Tangerang, Taman Pintu Air atau yang dikenal juga dengan sebutan Hutan Kota merupakan salah satu program taman yang dibentuk oleh Bidang Pertamanan Disbudpar Kota Tangerang. Taman Pintu Air ini dibangun sebagai paru-paru kota Tangerang yang letaknya tepat berada di depan Gedung Satpol PP Kota Tangerang.

Advertisement

Dahulu Taman Pintu Air ini hanyalah taman biasa yang terletak di sekitar pintu air. Namun seiring berjalannya waktu, area disekitar pintu air kemudian dipercantik dengan menambahkan aneka tanaman hias, arena bermain untuk anak-anak, jalur untuk reflexology kaki, flying track, serta dilengkapi dengan fasilitas toilet, mushola, dan gazzebo yang dapat digunakan untuk bersantai.

Tak hanya kian dipercantik dengan fasilitas yang mumpuni, Taman Pintu Air juga menjadi tempat edukasi satwa bagi pengunjung karena dilengkapi dengan aneka satwa yang terletak di tengah Taman Pintu Air. Pengunjung dapat melihat satwa-satwa tersebut melalui flying track yang berada tepat diatas area kandang satwa tersebut. Para satwa tersebut diletakkan dalam satu kandang besar yang terdiri dari berbagai jenis satwa. Mulai dari Angsa, Ayam Kalkun, Ayam Ketawa, Ayam Mutiara, dan Burung Merpati dapat kamu temui ketika berkunjung ke Taman Pintu Air.

Ketika kamu mengunjungi taman ini, kamu akan mendapati suasana taman yang teduh dan adem karena Taman Pintu Air ini dikelilingi oleh pohon-pohon rindang yang membuatmu lupa kalau kamu sedang berada di pusat kota Tangerang. Karena terletak di bantaran sungai Cisadane, kamu dapat bersantai sembari melihat hamparan sungai Cisadane yang terbentang luas dan dilengkapi dengan pemandangan jembatan yang berwarna-warni. Taman ini sangat cocok untuk dikunjungi saat sore hari, karena kamu dapat menikmati matahari terbenam dari sisi sungai Cisadane. Selain itu, kamu juga dapat menemui beberapa orang yang sedang memancing di sekitar Taman Pintu Air ini.

Advertisement

Dikunjungi pada Selasa sore (22/12/2020), kondisi Taman Pintu Air terlihat sangat ramai oleh pengunjung dari berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga kalangan dewasa turut menyempatkan diri untuk bersantai sejenak di tengah hiruk-pikuknya kota Tangerang. Karena masih dalam suasana pandemi, Taman Pintu Air membatasi jam operasionalnya sampai jam 16.30 WIB saja. Lewat dari jam tersebut, petugas setempat terpaksa membubarkan pengunjung dan meminta pengunjung untuk meninggalkan taman tersebut.


"Senang datang ke sini karena suasananya enak buat sekedar duduk santai, ternyata masih banyak taman di kota Tangerang yang harus dilestarikan dan dijaga," ujar Rina, salah satu pengunjung Taman Pintu Air.


Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE