Mengenal Wisata Air Terjun Sedudo, Unik Namun Belum Banyak Diketahui

Kamu mau ke sini juga nggak nih?

ADVERTISEMENT

Pada umumnya saat liburan tiba banyak orang yang pergi untuk berlibur bersama keluarga. Biasanya, mereka berlibur ketempat yang sering dan ramai dikunjungi, bahkan pergi ke tempat yang mahal sekalipun. Akan tetapi pasti banyak orang yang belum mengetahui tempat unik yang satu ini, yaitu Air Terjun Sedudo.

Advertisement

Air Terjun Sedudo merupakan wisata alam dengan suasana yang sejuk dan asris yang dikelilingi pepohonan hijau. (dilansir dari Wikipedia) Air terjun ini berada di ketinggian 1.438 meter dpl, dan memiliki ketinggian sekitar 105 cm. Air terjun sedudo memiliki air yang sangat bersih sehingga wisatawan dapat berenang ataupun mandi. Tempat ini  juga sangat cocok untuk berfoto dan berkumpul bersama teman atau keluarga. Air Terjun Sedudo ini terletak di lereng Gunung Wilis, Desa Ngliman, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur. Harga tiket masuknya cukup murah yaitu hanya Rp 10.000 dan bebas dari uang parkir. 

Di Air Terjun Sedudo mempunyai makanan khas yaitu tahu petis, tahu petis sendiri merupakan tahu yang digoreng dengan cocolan sambal petis yang manis serta gurih. Tahun Petis tersebut sangat digemari oleh pengunjung sebab rasanya yang enak dan harga murah. Selain keindahan, keasrian, serta makanan khasnya, tempat ini juga memiliki mitos di dalamnya yaitu air yang terkandung mempunyai banyak khasiat. Menurut warga sekitar, pada setiap malam 1 suro, banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk bisa mandi. Beberapa orang mengakatakan bahwa airnya yang berkhasiat ini, dapat membuat seseorang menjadi awet muda serta dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sampai saat ini, banyak warga sekitar yang masih melakukan berbagai ritual upacara adat. Dengan adanya mitos yang terjadi, bukan berarti menambah aura mistis justru membuat pengunjung penasaran dan ingin berkunjung ke sana. 

Advertisement

Air Terjun Sedudo bisa dikunjungin baik Weekday ataupun Weekend, sehingga pengunjung bisa mengujungi tempat itu kapan saja. Pengunjung bisa berkunjung kesana dengan mobil ataupun motor. Biaya yang dikeluarkan untuk kesana cukup murah jadi jangan khawatir kemahalan, dan untuk harga tiket masuk cukup murah serta pengunjung bisa bermain sepuasnya. Akan tetapi, para pengunjung diharapkan untuk berhati-hati jika pergi kesana, disebabkan jalanan yang agak menanjak. Jangan lupa kemana pun kita pergi tetap menjaga jarak, membatasi jumlah pengunjung yang datang, dan selalu mematuhi protokol kesehatan yaaa! Stay Safe and Healthy

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini