Untukmu yang Sedang Mengalami Perubahan dalam Hidup, Nikmatilah Tiap Fasenya

menikmati perubahan hidup

Pernah nggak merasa kalau kamu menutup pagar untuk hal-hal baru yang bisa merubah cara kamu memandang sesuatu. Seperti sudah terlalu yakin sama apa yang kamu tahu, apa yang kamu pelajari, apa yang kamu lihat dan apa yang kamu yakini itu sudah benar dan nggak akan salah. Pun kalau salah ya sudah, kamu punya prinsip "menurut aku itu bener". Jadi seperti nggak memperbolehkan diri untuk mendapat pandangan baru. Atau menepis sesuatu yang kamu anggap nggak cocok dengan kamu hanya karena kamu mendewakan apa yang kamu yakini. Padahal belum tentu juga apa yang kamu yakini itu benar. 

Advertisement

Nggak salah sih sebenarnya, tapi yang harus dipahami bahwa baik diri kamu sendiri maupun orang lain, seiring bertambahnya usia, menempuh pendidikan baik formal ataupun tidak, lalu melihat kejadian2 di sekiling kamu, dan banyak ngobrol dengan orang baru, bertemu dengan yang berbanding terbalik dengan kepribadian kamu, maka di situlah kamu belajar dan berproses.

Bukan hanya minat kamu saja loh yang berubah dari minat awal, tapi juga opini kamu akan sesuatu, cara berpikir kamu, dan hal-hal yang dulu kamu yakinipun akan berubah. Atau mungkin yang simple saja deh, cara berpakaian kamu berubah, selera makan kamu berubah, tontonan kamu berubah, buku yang kamu baca berubah. Iya, kamu lagi berproses. Dan proses apapun itu, pastinya akan mengantarkan kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

Bukan kamu nggak punya prinsip hidup. Tapi kadang prinsip yang kamu jalanipun perlu dikaji ulang. Misalkan atas dasar apa kamu membuat prinsip itu. Apa dampak positif dari prinsip yang kamu buat. Apakah dengan prinsip itu menjadikan kamu secara pribadi lebih baik. Kalau misalkan kamu merasa ada sesuatu yang perlu diupgrade ya kenapa nggak. Bukankah seharusnya diri kamu memang perlu diupgrade untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi. 


Nggak apa-apa, perubahan itu bagian dari proses kamu menjalani hidup. 


Terima saja kalau ketika nanti kamu juga merasa mengalami perubahan dari beropini akan sesuatu. Selain menerima perubahan dari diri sendiri, kamu harus belajar untuk menerima perubahan dari orang lain yang berhubungan dengan kamu. Kan bumi nggak berputar untuk perubahan kamu aja. 

Advertisement

Kamu hanya perlu membuka diri untuk mengetahui ilmu baru, mempelajari hal baru. nggak akan keblinger selama kamu tahu apa yang kamu butuhkan. Jangan menutup diri. Jangan penjara diri sendiri untuk eksplore lebih. Kamu hanya manusia biasa yang perlu banyak belajar. Hidup cuma sebentar dan sayang kalau hanya punya ilmu dan pengalaman sekadar. 

Jadi, selamat mengalami perubahan itu. Nikmati saja, jangan takut dengan pendapat orang lain. Karena kamu juga butuh berkembang

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent human being.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE