Salam,

Hai, Sabtu ini, saya dan beberapa kawan dari Lombok akan jalan-jalan santai ke Gili Asahan, sebuah Gili yang terletak di ujung barat Lombok. Tepatnya di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong barat, jauhnya kurang lebih 60 km dari Mataram dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Advertisement

Gili Asahan ini dihuni beberapa penduduk. Dulu populasi tempat ini padat, tapi sebagian besar penduduknya telah menjual tanah milik mereka, sehingga hanya mereka yang tidak menjual tanahnya yang masih bertahan hidup di Asahan. Sekolah Dasar di tempat ini hampir rubuh, ditinggalkan para guru, dan hanya sekitar 30 murid yang masih bertahan di sekolah tersebut. Mereka mendapatkan pelajaran dari beberapa relawan yang bersedia menginap selama dua minggu di perumahan salah satu warga. Jika ada kawan kawan di sini yang berniat menjadi relawan pengajar di Gili Asahan, sekedar baca tulis dan hitung kenapa tidak, saya dan kawan kawan dari Kelas Inspirasi Lombok sangat berterima kasih. Masyarakat Gili Asahan sangat ramah, beberapa relawan sebelumnya pernah merasakan kebaikan keramahan tamahan masyarakat Gili Asahan.

Di tempat ini, terdapat kurang lebih tiga vila, yang semuanya dimiliki oleh turis mancanegara. Meskipun demikian, vila tersebut juga turut mempekerjakan beberapa penduduk lokal. Gili Asahan ini, menurut saya merupakan salah satu Gili yang sangat tenang, damai, dan menentramkan. Tempat yang cocok untuk menyepi dan menyendiri, atau berbulan madu bersama istri. 😁

Jika tidak ada halangan cuaca dan mendapat restu dari sang istri tercinta, saya dan kawan-kawan akan berangkat jam 8 pagi, dan berkumpul di meeting point, di Bundaran Gerung. Jika ada yang ingin ikut serta silahkan. Biasanya kami share cost, bayar boat Rp. 20.000 per orang untuk pulang-pergi, beli nasi bungkus seharga lima ribuan, makan rujak terasi, ngopi dan bakar ikan bersama juga. Silahkan membawa pakaian ganti, alat snorkle dan makanan sebanyak banyaknya. Di dekat Gii Asahan ada juga Gili Goleng yang kecil, tenang, tanpa penghuni dan indah. Kami juga akan menyempatkan diri mampir ke sana.

Advertisement

Kami pulang sebelum sore, agar sampai ke kota sebelum maghrib, sehingga tidak terlalu capek dan letih karena perjalanan jauh.

Begitu cerita Om Duta Lombok Here.

Jika Sabtu ini kawan-kawan belum punya rencana traveling, yuk kopdar santai di Gili Asahan, menambah teman, juga menambah saudara.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya