Teknologi Autopilot di Mobil Tesla. Bisa Jadi Salah Satu Solusi Kemacetan Indonesia

Autopilot merupakan teknologi yang dalam penggunannya merancang agar dapat berjalan sesuai kenginan tanpa adanya tindakan dari supir atau pilot yang menjalankan kendaraan yang mereka gunakan.Ini berarti dalam sistem kerja prinsip autopilot dijalankan sepenuhnya oleh robot. Sistem autopilot pertama kali diciptakan oleh Sperry Corporation di tahun 1912 dan mencoba ide ini dua tahun kemudian dengan membuktikan kecanggihan penemuannya itu dengan menerbangkan pesawat tanpa awak.

Advertisement

Walaupun pada awalnya hanya digunakan oleh pesawat saja tetapi seiring perkembangan waktu, autopilot juga dapat digunakan pada beberapa perusahaan mobil yang sudah dikenal kita semua salah satunya Tesla.  Perusahaan mobil yang  berasal dari Amerika Serikat ini sengaja mendesainnya karena bahan bakar sendiri dijamin hemat dan efesien. Mobil ini menggunakan baterai berjenis Lithium-ion sebagai sumber tenaganya dengan tenaga 7000 cell baterai dalam satu mobil dan dayanya diteruskan ke bagian motor. Motor ini akan mengubah energi listrik menjadi putaran. Putaran tersebut dapat mencapai 18.000 rpm ditambah  sensor motor speed yakni untuk mengetahui berapa kecepatan yang dibutuhkan mobil untuk melewati jalan yang dilaluinya.

Autopilot bukan berarti mobil yang dijalankan sendiri tanpa adanya awak tetapi kita selaku pengguna tetap perlu mengendalikannya namun dapat bersantai dalam mengemudikan mobil Tesla ini, kita hanya perlu menyentuhkan jari sesekali di kemudi lalu mobil otomatis akan berjalan dengan kecepatan 30km/jam, seiring berjalannya waktu kini Tesla telah menghadirkan prinsip yang unik yaitu  setelah beberapa detik, mobil akan memperingatkan kita agar memegang kembali stir agar autopilot aktif bila kita tidak merespon mobil Tesla ini otomatis akan menurunkan kecepatan sampai berhenti serta menyalakan lampu darurat.

Mobil Tesla ini di bagi kedalam beberapa kategori berdasarkan generasinya yakni:

A. Model  S

Untuk model S memiliki harga kisaran $71.000,00 atau bila diubah ke rupiah menjadi sekitar. Rp1.000.000.000,00, Tesla juga menyediakan beberapa fitur yang dinilai canggih karena model ini menghadirkan sistem kendali otomatis sanggup mengubah jalur mobil, pengguna hanya melihat ke arah sekitarnya, kemudian tekan tombol begitu sudah dinilai aman ,lalu  model ini akan beradaptasi dengan kecepatan sesuai kondisi.Bila kita ingin memegang kendali mobil lagi hanya dengan menaruh kedua lengan kita di setir kembali.Untuk kapasitas penumpang dapat menampung sekitar lima orang dewasa, serta didesain kedap suara, sedangkan untuk desain atap mobil dilapisi kaca sehingga para pembeli dapat menikmati pemandangan di atasnya.

Advertisement

B. Model  3

Untuk model 3 dibanderol dengan harga $35.000,00 atau sekitar Rp 466.000.000,00 tergantung warna,tipe, dan interior yang diinginkan konsumen.Berbicara fitur mobil ini  banyak perkembangan pesat dari sisi teknologi yaitu mobil Tesla dapat berpindah jalur otomatis,penghindaran otomatis,serta bila kita ingin memanggil mobil dari garasi dapat dilakukan dan pengereman darurat,banyak keuntungan yang kita dapat dari fasilitasnya.Selain itu mobil Tesla model 3 ini diperkirakan dapat menempuh jarak sampai 409 km dalam untuk sekali pengisian daya baterai selama 4 jam,untuk biaya pun masih dapat dibilang terjangkau karena hanya berkisar di Rp 70.000,00 untuk sekali pengisian baterai secara penuh.

Karena mobil Tesla menggunakan bahan bakar baterai , maka mereka pun memiliki pabrik yang khusus menyediakan baterai.Pabrik yang lebih dikenal dengan Gigafactory ini dibangun pada Juni 2014 di Tahoe Reno Industrial Center(TRIC), Amerika Serikat.Nama Giga diambil karena mereka memproduksi baterai bisa berjumlah miliaran.Dengan peningkatan produksi Gigafactory biaya baterai Tesla akan menurun secara signifikan melalui skala ekonomi, manufaktur inovatif, pengurangan limbah, dan pengoptimalan sederhana guna menemukan sebagian besar proses manufaktur di satu daerah.

Banyak manfaat yang kita dapatkan dalam menggunakan teknologi autopilot yakni:

A. Ramah lingkungan,karena pada penggunaan mobil menggunakan bahan bakar baterai yang artinya pembuangan gas karbon dapat diminimalisir

B. Hemat,mengutip pada penelitian Edmund.com mobil listrik hanya mengeluarkan biaya Rp.75.000 untuk mencapai jarak hingga 120 km sedangkan untuk mobil yang menggunakan BBM biaya nya menjadi 2 kali lipat.

C. Mobil tidak memakan tempat dan praktis, karena  baterainya yang fleksibel biasanya berpengaruh pada ukuran mobilnya yaitu menjadi mungil, serta badan mobil ini cocok untuk jalanan Indonesia yang padat sehingga dapat melaju di antara kemacetan dan,  dapat masuk ke gang gang kecil atau biasa yang kita sebut jalan tikus.Jadi penerapan ini sangat cocok di Indonesia apalagi pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 mengenai program kendaraan bertenaga listrik.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa fitur fitur dari mobil Tesla ini dapat membantu kelancaran, serta kenyamanan dalam mengendarai kendaraan. Selain itu ini bisa menjadi solusi saat terjadi kemacetan karena teknologinya menyediakan fitur bila jalanan sepi otomatis mobil akan melaju cepat sesuai kebutuhan kita tanpa harus bersantai seperti  hanya kita seorang yang memiliki jalan tersebut. Setidaknya pemerintah dapat membuat satu sampel untuk percobaan, misalnya kita uji terhadap kendaraan umum yang sudah pasti dibutuhkan oleh banyak penumpang contoh: taksi, angkot dan bis.

Sumber:

[1] Fasha, Ryan. 2019. Canggih banget begini cara kerja mobil listrik yang dijual saat ini.www.gridoto.com/home/tips & trick.html(diakses 22 Juli 2020)

[2] Hasibuan, Lyndia. 2019.Permudah penumpang istirahat tesla kembangkan fitur anyar. www.dream.co.id/automotive-2004221.html(diakses 22 Juli 2020)

[3] Zuhra, Wan Ulfa Nur.2016.Revolusi mobil listrik tesla.www.tirto.id/home/indepth.html(diakses 22 Juli 2020)

[4] Kuswihatmo, Radityo. 2018.Fitur Autopilot Mobil Masih Butuh Pemolesan Tesla Model 3 Terciduk Terabas Lampu Merah.www.gridoto.com/read/home/news.html(diakses 22 Juli 2020)

[5]Wisesa, Yoga. 2015. Perjalanan Mewujudkan Solusi di Future City-The Virtual Smart City Hackathon.www.dailysocial.id/post/event.html(diakses 22 Juli 2020)

[6] Wisesa, Yoga. 2015. Akhirnya Dirilis, Ini Detail Mengenal Fitur Autopilot di Tesla Model S.www.dailysocial.id/otomotif.html(diakses 22 Juli 2020)

[7] Parinduri, Lutfhi. Darmawati., dan Taufik Parinduri. Strategi Penekanan Biaya Motor Listrik Melalui Integrasi Tesla Motors dan Gigafactory.Jurnal UISU.(2018).21 Juli 2020

[8] Tesla/model. tesla.com.(diakses 29 Juli 2020),dari www.tesla.com/TanpaPenulis [9] Assegaf,Jafar Sodiq. 2019. Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik. www.solopos.com/Otomotif.html(diakses 29 Juli 2020)

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE