"Mimpimu apa?"

"Cita-citamu apa?"

"Habis lulus mau apa?"

"Tujuan hidupmu apa?"


Semakin muda kamu, akan semakin mudah menjawabnya. Dulu waktu masih di bangku sekolah dasar siapa yang menjawab ingin menjadi dokter? Pilot? Guru? Semoga mimpi kalian menjadi kenyataan, Amiin. Adakah yang kesulitan menjawab pertanyaan itu? Aku, iya. Pernahkah kalian berpikir bahwa mimpi kalian adalah sebenarnya mimpi orang lain? Mudahnya, kalian hanya melakukan apa yang menjadi ekspektasi orang lain.

Advertisement

Sembari menjawab pertanyaan di kepala, yuk dengerin dan pahamin lagu yang satu ini, siapa tahu kamu ada pencerahan.

PARADISE-BTS

Advertisement

Marathon Marathon

Hidup itu panjang dan lambat.

42.195

Pada akhirnya akan ada surga impianmu

Tahukah kalian apa arti dari angka 42.195? Itu adalah jarak dari lari Marathon. Lagu ini menggunakan Marathon sebagai pengandaian sebuah perjalanan hidup. Pernahkan kalian mendengar kalimat, semua akan indah pada waktunya? Entah sebuah fakta atau apa, tapi itulah yang semua orang inginkan.

Tidak apa-apa berhenti

Kamu tidak harus berlari tanpa mengetahui alasannya

Tidak apa-apa tanpa mimpi

Jika kamu memiliki saat-saat bahagia untuk sementara waktu

Tidak apa-apa berhenti.

Jangan berlari tanpa mengetahui kemana kamu pergi lagi

Tidak apa-apa tanpa mimpi.

Semua yang udara yang kau hirup sudah menjadi surga

Dari semua kegiatan kita yang melelahkan, belajar, mencari kerja, bertahan pada pekerjaan yang menghasilkan uang, lagu ini bilang, gapapa kalo kamu mau istirahat, gak usah terlalu terburu-buru. Coba kurangi sedikit pemikiran tentang laki-laki sudah mapan di umur 30 tahun atau perempuan sudah menikah di umur 25 tahun.

Semua orang punya takdirnya sendiri, semua orang punya masalah hidup yang berbeda, semua orang memulai hidupnya diumur yang berbeda. Jalanin hidup ini dengan apa yang bikin kamu bahagia, lebih baik kamu gak punya mimpi tapi bahagia. Dan lagu ini mengajarkan kita buat bersyukur dengan anugrah tuhan yang paling besar yaitu udara yang kita hirup, ya, bersyukurlah dengan kehidupan kita.

Tetapi dunia nyata

Berbeda dengan janji

Kita harus berlari

Kita perlu menginjak yang lain ketika sinyalnya panas

Yap, Happy Ending adalah harapan kita ketika menonton sebuah film, tapi di dunia nyata? Kita benar-benar harus berjuang keras, menjadi bibit unggul ketika ingin mencapai kesuksesan, atau menjadi yang terbaik agar dipilih. Bahkan ada beberapa orang yang demi ingin terpilih dia menjatuhkan yang lainnya. Diakui atau tidak ini benar-benar terjadi di kehidupan kita.

Kamu tidak memiliki tujuan

Tidak ada lanskap

Saat kamu kehabisan nafas

Kamu perlu tahu

Balik pada mimpi, BTS adalah grup yang berusaha menyuarakan keresahan-keresahan anak muda. Mereka paham ada banyak anak muda yang bahkan tidak tahu mimpi atau tujuan hidup mereka apa. Disaat kebingungan atau ketidakmengertian anak muda, yang mungkin sama dengan apa yang dirasakan mereka (BTS) sendiri, mereka menyuarakan dengan lagu ini.

Kau bermimpi dari orang lain (seperti hutang)

Kita belajar bahwa kita harus menjadi hebat (seperti cahaya)

Mimpimu sebenarnya adalah bagasi

Kalau saja masa depan adalah mimpi

Apa mimpimu tadi malam tempat tidur?

Membeli laptop bulan depan atau hanya makan dan tidur

Memiliki banyak uang  dengan tidak melakukan apa-apa

Apa yang begitu hebat dari mimpi? Jadilah apa yang kamu inginkan

Kita berhak mendapatkan kehidupan entah itu besar atau kecil


Kau hanya melakukan kau

Inilah yang bahkan saya sendiri ragu, apakah kita meminjam mimpi orang lain hanya untuk memenuhi ekspektasi orang lain? Kita diajarkan menjadi sesuatu yang besar sedari kecil, harus menjadi sesuatu yang besar adalah sesuatu yang tertanam dalam memory kita selama bertahun-tahun. Coba pikirkan kembali apa yang menjadi keinginanmu, entah itu mimpi besar atau kecil kamu harus bahagia dengan dirimu sendiri dan cintai takdirmu.


Kalian tidak harus hidup dengan standar kebahagiaan orang lain.


Misal, jangan karena kalian bahagia dengan mendaki gunung setiap bulan lalu berpikir orang lain yang berjalan-jalan di mall adalah kegiatan yang membosankan, atau kalian bepikir membaca novel atau menulis sesuatu dengan tenang lebih bermanfaat dari remaja yang terbahak-bahak di cafe hingga larut malam bersama teman-temannya.

Aku tidak punya mimpi

Memimpikan terkadang menakutkan

Aku hanya hidup seperti ini.

Hanya bertahan hidup adalah mimpi kecil bagiku

Bermimpi, berpegang pada mimpi, bernafas, kadang hal-hal ini sulit

Orang itu melakukannya, gadis itu melakukannya, dunia memberitahuku karena itu membuatku takut

Ini part dari Suga, salah satu rapper BTS. Jika kalian fans dari BTS, kalian akan tahu Suga salah satu orang yang pernah mengalami depresi. Di sini dia bilang terang-terangan kalau dia gak punya mimpi. Ada banyak di dunia ini yang bahagia hanya karena bisa makan dan bertahan hidup. Ada beberapa dari kita yang berfikir bahwa kesuksesan adalah milik para pemilik kekuatan, entah itu kekuatan dari segi materi atau apapun.

Banyak teman kita yang bahkan enggan memikirkan akan menjadi apa, karena apa? Ketakutan jatuh pada mimpi yang terlampau tinggi. Mungkin banyak motivator yang menginspirasi karena mimpinya yang tinggi dan ia bisa sukses dengan fokus pada tujuannya. Tapi banyak juga yang berfikir bahwa kesuksesan hanyalah milik segelintir orang.

Ya

Dunia tidak punya hak untuk menghujatmu.

Apa hukum untuk mimpi

Tidak ada yang pernah mengajari kami

Karena itu mimpi dibuat, bicara dalam tidur sambil berlinang air mata 

Bangun dari mimpi burukmu

Cukup tersenyum untuk diri sendiri, di surga itu

Yang kita harus pahami (hai para pemuda tanpa mimpi) orang lain tidak ada hak untuk mengomentari karena kamu tidak memiliki sebuah mimpi. Salahkan siapa jika kita saja tidak pernah diajari bagaimana cara bermimpi? Tak ada peraturan dalam bermimpi.

Ada banyak permasalahan hidup yang lebih rumit daripada memikirkan akan menjadi apa nantinya. Cobalah untuk tidak menjadi orang lain, bahagiakanlah dirimu, dan bersyukurlah karena tuhan telah memberimu kehidupan ini.

Beruntunglah kalian yang mempunyai mimpi yang kuat, apalagi jika didukung dengan semesta. Karena ini benar-benar terjadi pada pemuda, bahwa mereka hanya meminjam mimpi orang lain, dan benar-benar terjadi pula mereka tidak paham apa mimpinya. Berpikir bahwa hanya harus belajar untuk lulus dan mendapatkan pekerjaan yang hebat. Ketakutan dengan bayangan masa depan yang tidak sesuai dengan ekspektasi orang lain, teman, bahkan mungkin orangtua. Terkadang mencintai diri sendiri lebih sulit karena ada penilaian orang lain terhadap kita.

Jika kalian ingin tahu, BTS adalah boyband asal korea yang sedang mengkampanyekan Love Yourself dengan UNICEF, mereka bahkan sempat memberikan speech didepan seluruh anggota PBB. Sebenarnya sebelum album ini muncul, lagu-lagu BTS memang mengangkat isu-isu sosial seperti ini, bahkan dari awal debut hampir semua lagunya adalah menyuarakan keresahan-keresahan pemuda.

Jadi bagaimana menurut kalian tentang lagu ini? Atau adakah yang sedang berfikir ulang tentang sebuah mimpi? Punya pemahaman lain tentang arti lagu ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya