Memaksimalkan Pembelajaran Online pada Jenjang Universitas

Pembelajaran Online pada Jenjang Universitas

Dunia sedang tergoncang oleh dampak dari COVID-19. Salah satu sektor yang terkena dampak dari pandemi adalah Pendidikan. Untuk mencegah terjadinya dampak yang lebih buruk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran No. 3 tahun 2020 tentang pencegahan COVID-19 pada satuan Pendidikan pada 9 Maret 2020 berdampak besar pada Pendidikan. Atas dasar itulah metode pembelajaran daring di berbagai sekolah dan universitas seluruh Indonesia dimulai. Hal ini bertujuan untuk menghidari kegiatan tatap muka secara langsung sehingga dapat meminimalisasi penyebaran virus COVID-19.

Advertisement

Pembelajaran Online mulai diterapkan di beberapa Universitas sejak keluarnya surat edaran tentang pencegahan COVID-19. Pembelajaran secara Online merupakan pembelajaran yang dapat dilakukan menggunakan media komunikasi. Pembelajaran Online adalah pembelajaran yang kurang efektif dibanding dengan Pembelajaran Offline / pembelajaran tatap muka langsung. Hal ini karena terbatasnya akses media komunikasi dan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam menggunakan media komunikasi.

Pembelajaran online menghasilkan banyak dampak, terkhususnya bagi mahasiswa. Berdasarkan hasil survei yang telah saya lakukan mengenai pembelajaran mana yang lebih disukai oleh para mahasiswa , didapatkan data bahwa 42% responden menyukai pembelajaran secara online dan 58% responden menyukai pembelajaran secara offline. Sedangkan untuk kelebihan dan kekurangan pembelajaran online terdapat berbagai macam ragam. Kelebihan dari pembelajaran online adalah pembelajaran online yang disampaikan dapat dipelajari berulang-ulang, waktu lebih efisien dan flexible, dapat diakses dari berbagai media, dan pembelajaran menjadi lebih efisien. Sedangkan untuk kekurangannya adalah kurangnya sosialisasi dengan mahasiswa dan dosen, keterbatasan dalam menyampaikan materi, kendala sinyal kurang baik, pembelajaran yang disampaikan menjadi kurang jelas, dan kesulitan dalam berkonsentrasi dibandingkan dengan saat di kelas. Masalah terbesar dalam pembelajaran online menurut responden adalah kendala akan sinyal yang kurang bagus dan kurangnya pemahaman akan materi dibandingkan saat di kelas. Sedangkan untuk kelebihan pembelajaran online itu sendiri terletak pada efisien waktu dan pembelajaran yang dapat direkam, materi yang disampaikan oleh dosen menjadi lebih terstruktur dan tidak bertele-tele.

Pembelajaran Online dapat dimaksimalkan dengan baik. Contoh pertama dalam memaksimalkan dampak pembelajaran online yaitu dengan memanfaatkan kecanggihan internet dan teknologi, informasi dapat dengan mudah didapatkan dengan media komunikasi yang kita miliki. Dengan materi yang tak terbatas, dosen lebih mudah untuk memberikan materi kepada mahasiswa. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi online. Dosen dapat memberikan materi kuliah dengan lebih cepat dan mudah. Berdasarkan hasil survei yang telah saya lakukan mengenai metode pembelajaran dalam kuliah online, didapatkan data bahwa 54% responden menyukai pembelajaran tatap muka online, yaitu dengan menggunakan aplikasi Zoom dan Google meet. Alasannya adalah memudahkan komunikasi secara langsung dengan dosen sehingga materi yang diberikan lebih mudah dipahami dengan penjelasan langsung dari dosen. Sedangkan 46% responden menyukai pembelajaran dengan menggunakan Google classroom, Whatsapp group dan Line Group. Alasannya adalah waktu pembelajaran menjadi lebih flexible dan dapat dipelajari berulang-ulang.

Advertisement

Yang kedua dari memaksimalkan pembelajaran online bagi mahasiswa yaitu kenginan diri sendiri untuk menambah ilmu. Berdasarkan hasil survei yang saya lakukan mengenai cara yang paling efektif dalam memaksimalkan pembelajaran online, cara yang efektif dalam memaksimalkan pembelajaran online menurut responden adalah adanya SOP yang jelas untuk setiap mata kuliah, keinginan diri sendiri untuk belajar, kesadaran untuk menjalani pembelajaran online, pemantauan yang intens dari dosen, dan meningkatkan kualitas jaringan internet. Sedangkan saran responden untuk dosen adalah pemantauan yang intens terhadap mahasiswa, adanya pelatihan mengenai pembelajaran online untuk dosen senior yang kurang mengerti mengenai pembelajaran online, adanya briefing dosen mengenai SOP setiap mata kuliah yang diampu, dan menggabungkan beberapa metode pembelajaran menggunakan sarana pembelajaran online seperti menggabungkan Google meet dengan Whatsapp group.

Pembelajaran Online memiliki dampak yang positif terhadap pembelajaran. Dengan informasi yang tak terbatas, pembelajaran online yang kurang efektif dibanding dengan tatap muka biasa pun dapat dimaksimalkan dengan baik. Memaksimalkan pembelajaran online ini berdampak pada proses pembelajaran yang efektif. Dengan adanya pembelajaran online, dosen dan mahasiswa dituntut untuk beradaptasi dengan cepat dan meningkatkan kreativitas.

Advertisement

Sumber:

https://muda.kompas.id/baca/2020/04/06/pembelajaran-daring-apakah-efektif-untuk-indonesia/

https://radarbali.jawapos.com/read/2020/04/13/188590/kreativitas-kunci-sukses-pembelajaran-daring-saat-pandemic-covid-19 https://siedoo.com/berita-30442-berikut-4-strategi-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19/ https://mediaindonesia.com/read/detail/298964-covid-19-dan-pembelajaran-daring

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE